Jalan Sepanjang 68 Km Segera Dibangun, Sebentar Lagi Warga Teluklanus Siak ”Merdeka” dari Keterasingan

Jalan Sepanjang 68 Km Segera Dibangun, Sebentar Lagi Warga Teluklanus Siak ”Merdeka” dari Keterasingan

Bupati Siak Alfedri saat meninjau jalan di Kampung Teluklanus.

Selasa, 05 November 2019 20:26 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com - Bupati Siak Alfedri terus berupaya melakukan terobosan dalam membuka keterisoliasian daerah Kabupaten Siak, Provinsi Riau. Salah satu cara yang dilakukan dengan membuka akses jalan penghubung.

Tahun 2020, pemerintah daerah setempat akan memulainya di Kampung Teluklanus, Kecamatan Sungaiapit.

Di sana, pemerintah bakal membangun jalan sepanjang 4 kilometer yang menghubungkan Kampung Penyengat. 

"Total jalan penghubung ini sepanjang 68 kilometer. Kita bangun 4 kilometer dulu," kata Alfedri kepada potretnews.com, Selasa (5/11/2019).

Alfedri mengatakan, pembagunan jalan di sana memerlukan anggaran sangat besar. Pasalnya, konstruksi tanahnya gambut.

"Duitnya dari DAK Penugasan 2020. Besaran anggarannya belum tahu. Sebab belum final berapa DAK yang didapat Siak 2020. Tapi yang jelas jalan tadi prioritas tahun depan," tutur Alfedri.

Tidak hanya itu, di tahun yang sama jalan dari Kampung Penyengat menuju daerah Putong Dusun Mungkal Kecamatan Sungaiapit juga bakal dibangun sepanjang 11 kilometer.

"Kedua jalan tadi sudah disetujui pusat. Namun kita masih menunggu keputusan 10 paket lagi yang sudah kita ajukan yang bersumber dari DAK," ucapnya.

Dimulainya pembangunan infrastruktur jalan ke daerah terisolir di pesisir Kabupaten Siak ini, menyusul telah dikantonginya izin pinjam pakai lahan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI.

"Jika semuanya sudah selesai. Kita juga berencana akan meneruskan pembangunan jalan yang lahannya masuk ke kawasan PT RAPP. Kita akan jalin komunikasi dan bersinergi dengan semua pihak demi pemerataan pembangunan di Siak," ujarnya. ***

Kategori : Pemerintahan, Siak
wwwwww