PotretNews.com Kamis 12 Desember 2019

Hasilnya Lebih Menjanjikan, 230 Hektar Lahan Sawit Alih Fungsi Jadi Sawah di Siak

Hasilnya Lebih Menjanjikan, 230 Hektar Lahan Sawit Alih Fungsi Jadi Sawah di Siak

Gambar hanya ilustrasi. (INTERNET)

Rabu, 30 Oktober 2019 18:57 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com - Dinas Pertanian Kabupaten Siak, Provinsi Riau menyebutkan selama dua tahun seluas 230 hektar lahan perkebunan kelapa sawit rakyat di daerah Kecamatan Bungaraya beralih fungsi menjadi sawah.

Lokasi lahan tadi tersebar di beberapa kampung, yakni di Kampung Buantan Lestari, Tuah Indrapura, Kemuning Muda, Jatibaru dan Langsat Permai. 

"150 hektar tahun 2018 dan seluas 80 hektar tahun ini lahan sawit warga beralihfungsi jadi sawah," kata Kadis Pertanian Kabupaten Siak, Budiman Shafari saat dikonfirmasi potretnews.com, Rabu (30/10/2019).

Budiman mengatakan, penggarapan lahan dilakukan mengunakan alat modern. Misalnya saat menyemai, menanam, memupuk hingga memanen dan menggiling padi sudah mengunakan mesin canggih.

Lahan sawit yang dialihfungsikan tadi sebenarnya masih produktif. Namun, jika dibandingkan hasil yang didapat jauh lebih menguntungkan menanam padi.

"Dalam 1 hektar bisa menghasilkan minimal 6 ton gabah dengan harga Rp5300 per kilo dalam sekali panen 3-4 bulan. Sementara sawit, dalam 1 hektar hanya bisa menghasilkan duit Rp1 juta," sebutnya.

Budiman mengatakan, pemerintah daerah selama ini sangat mendukung alih fungsi lahan tersebut. Sejumlah alat pertanian seperti traktor, pompa air, cultivator dan power thereser pun diberikan.

"Kalau memang cara itu tepat dan terbaik guna meningkatkan pendapatan, tentu didukung. Maka itu di sana juga dibangun infrastruktur pengairan yang memadai," ujarnya. ***

       
        Loading...    
           
Kategori : Pemerintahan, Siak
Loading...
www www