PotretNews.com Kamis 12 Desember 2019
Home >  Berita >  Siak

Buku Berisi Jejak Sejarah Siak dari Masa ke Masa Bakal Dibagikan ke Seluruh Desa

Buku Berisi Jejak Sejarah Siak dari Masa ke Masa Bakal Dibagikan ke Seluruh Desa

Plt Kepala ANRI M Taufik (kiri) menyerahkan Buku "Citra Daerah Siak" kepada Gubernur Syamsuar saat Sidang Paripurna HUT ke-20 Kabupaten Siak pada 12 Oktober 2019 lalu.

Rabu, 30 Oktober 2019 12:41 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com - Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Siak akan memperbanyak Buku Citra Daerah Siak. Buku itu rencananya dibagikan ke seluruh desa/kelurahan. Sebanyak 140 buku dicetak tahun 2020. Buku tersebut menceritakan Kabupaten Siak dari masa ke masa.  Buku tadi, kali pertama diserahkan oleh Plt Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) M Taufik sebanyak tiga eksemplar kepada Gubernur Riau Syamsuar, Bupati Siak Alfedri, dan Ketua DPRD Siak Azmi, pada 12 Oktober lalu, bertepatan dengan HUT ke-20 Siak di gedung DPRD setempat.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Siak, M Arifin mengatakan, buku setebal 255 lembar itu berisi ringkasan sejarah Kabupaten Siak dari masa ke masa. Mulai dari zaman kesultanan hingga pemekaran Kabupaten Siak dari Bengkalis.

"Foto bukti sejarahnya pun ditempelkan ke dalam buku. Tidak hanya soal kesultanan tadi, nama-nama bupati dan ketua DPRD dari awal sampai saat ini juga dimuat di dalamnya," kata Arifin menjawab potretnews.com, Rabu (30/10/2019).

Selain itu, sejarah pembangunan Jembatan Siak juga disebutkan di dalamnya. Dinas Perpustakaan dan Arsip pun telah meminta softcopy buku itu ke ANRI. 

"Anggarannya telah kita ajukan. Mungkin kualitas yang kita bikin nanti tak sebagus tiga buku tadi. Sebab terkendala dengan dana. Kalau yang diberikan ANRI ke gubernur harganya Rp800 ribuan per buku. Yang kita bikin nanti kualitas sedang dengan harga kira-kira Rp400 ribu per eksemplar," ujarnya. ***

       
        Loading...    
           
Kategori : Siak, Pemerintahan
Loading...
www www