Home > Berita > Siak

Alfedri Isyaratkan Ingin Mengulang Sukses Pilkada Siak 2015

Alfedri Isyaratkan Ingin Mengulang Sukses Pilkada Siak 2015

Bupati Siak, Alfedri meninjau sebuah pameran foto.

Senin, 28 Oktober 2019 18:21 WIB
Sahril Ramadana

SIAK, POTRETNEWS.com - Bupati Siak, Alfedri hampir dipastikan maju sebagai petahana di pemilihan kepala daerah (pilkada) setempat tahun 2020.

Secara tersirat, Ketua Partai Amanat Nasional (PAN) Siak ini, ingin mengulangi kesuksesan koalisi yang sama di pilkada tahun 2015.

”Semua bisa terjadi. Bisa saja PAN berkoalisi dengan partai pengusung pasangan Syamsuar-Alfedri di Pilkada 2015 lalu. Waktu itu kan ada Nasdem, PKPI, Hanura dan PKS,” kata Alfedri kepada potretnews.com, di Siak, Senin (28/10/2019).

Menurut dia, tidak tertutup kemungkinan pada pilkada nanti Nasdem dan PKS gabung ke PAN, atau sebaliknya. Karena semuan masih mencair. Begitu pula dengan sosok wakil yang akan mendampinginya.

Berdasarkan catatan potretnews.com, pemetaan politik jelang pesta demokrasi lima tahunan ini masih sulit terbaca. Perolehan kursi DPRD pada Pemilu 2019 lalu, masih memungkinkan adanya lebih dari dua pasang calon.

Sebab, ada beberapa partai politik yang memperoleh empat kursi. Artinya dua partai saja sudah bisa berlayar pada Pilkada 2020. Misalnya; Demokrat, Gerindra, PKS, dan PDIP.

Keempat parpol ini sama-sama memperoleh empat kursi DPRD. Yang membedakan hanya jumlah perolehan suara saja. Dari sepuluh partai yang berhasil mengutus kadernya duduk di DPRD Pemilu kali ini, hanya Partai Golkar yang bisa mengusung calon sendiri tanpa berkoalisi dengan partai lain.

Partai berlambang Pohon Beringin itu berhasil memperoleh delapan kursi DPRD dan mempertahankan posisi ketua dewan. Sementara PAN, hanya tujuh kursi. Kurang satu kursi sebagai syarat mengusung calon pada pilkada sebanyak delapan kursi di DPRD

Lalu, Partai Nasdem, Hanura dan PPP sama-sama memperoleh dua kursi. Dan, PKB sama seperti pileg tahun 2014 lalu tetap tiga kursi.

Untuk menghadapi pilkada, baru enam partai yang telah membuka penjaringan. Sementara empat partai lainnya, PAN, Golkar, PKB dan Hanura, belum membuka penjaringan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Siak Periode 2020-2025.

Petahana pun tancap gas mengikuti proses penjaringan. Bupati Siak Alfedri mengaku sudah mendaftar ke tiga partai yakni Demokrat, Nasdem dan PKS.

”Rencana semua parpol yang buka penjaringan akan saya ambil formulirnya. Saat ini baru PKS dan NasDem yang sudah saya kembalikan formulir sebagai calon bupati. Sementara Demokrat, belum," tandas Alfedri.

Saat ditanya apakah PAN sudah memberikan dukungan tanpa pembuka proses penjaringan, Alfedri menyebut waktu yang menjawab. "Nanti diumumkan. Sabar, pasti awak kawan-kawan media nanti dikasih tahu,” ujar dia.

Alfedri menyebut proses politik jelang pilkada ini masih sangat dinamis. Segala kemungkinan juga masih bisa terjadi dalam bursa pencalonan. Pihaknya juga masih akan menunggu perkembangan survei untuk menentukan sikap politik ke depan. ***

Kategori : Siak, Politik
wwwwww