Home > Berita > Umum

Welcome to Batam Bakal Disulap Jadi Kawasan Kuliner dan Pusat Oleh-Oleh

<i>Welcome to Batam</i> Bakal Disulap Jadi Kawasan Kuliner dan Pusat Oleh-Oleh
Selasa, 22 Oktober 2019 16:12 WIB

BATAM, POTRETNEWS.com - Dalam rangka menata kembali Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Welcome To Batam (WTB), Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam bekerja sama dengan OK OCE.

Kepala Disperindag Kota Batam, Gustian Riau mengatakan dirinya telah bertemu dengan perwakilan OK OCE pada Senin (21/10/2019) lalu.

”Kita mau mengembangkan WTB ini menjadi tempat kuliner yang lebih tertata,” ujar Gustian, Selasa (22/10/2019).

Seiring dengan program pemerintah menjadikan Batam menjadi kota wisata, Gustian berharap WTB ini bisa menjadi pusat wisata kuliner yang nantinya bisa menarik wisatawan asing.

”Kalau sekarang ini terus terang kondisinya belum bisa dikatakan sebagai pusat wisata kuliner, kita harus benahi dan mereka para PKL akan kita bina bersama sama agar bisa memenuhi standard wisata kuline Internasional,” tuturnya.

Diawali dengan grand opening kampung kuliner warna warni UMKM Batam yang diresmikan Wali Kota Batam, Muhammad Rudi beberapa waktu lalu.

Program OK OCE untuk menjadikan para UMKM naik kelas diapresiasi oleh Pemerintah Kota (Pemko) Batam.

Bahkan Gustian yang juga hadir dalam grand opening tersebut langsung mempunyai ide untuk mengembangkan lahan yang dikenal dengan WTB ini.

Dia melihat banyak UMKM di sana yang perlu mendapatkan perhatian agar bisa meningkatkan kualitas serta pendapatnya. "Sama pedagangnya kita sudah ketemu sekitar 2 minggu yang lalu di WTB," kata Gustian.

Sementara itu, Kornas OK OCE, Ilyas turut menyambut dan menerima tantangan yang disampaikan Gustian. Tim OK OCE ikut membantu program penataan WTB ini. ”Kita akan sampaikan konsep smart city ke Pemerintah dimulai dengan WTB ini, di mana misi kami untuk UMKM Go Digital dan Go Global sangat senada dengan program pemerintah ini," ujar Ilyas.

”Kami bersyukur Pak Wali dan jajaran ternyata telah mempunyai agenda pengembangan UMKM sebelumnya dan ini sangat sejalan dengan program program kami," katanya.

Ia menambahkan, WTB nanti akan disulap menjadi pusat wisata kuliner dan juga pusat oleh-oleh.

Seluruh UMKM Batam baik itu kuliner, kerajinan tangan, oleh-oleh khas Melayu seperti tanjak dan sebagainya. "Semuanya akan kita kembangkan disana, semoga bisa menjadikan Kota Batam lebih dikenal orang," tuturnya. ***

Berita ini telah tayang di tribunnews.com dengan judul "Welcome to Batam Bakal Disulap Jadi Area Kuliner dan Pusat Oleh-oleh"

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum
wwwwww