Home > Berita > Siak

6.785 Honorer Siak Didaftarkan Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

6.785 Honorer Siak Didaftarkan Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Foto bersama setelah peresmian Kampung Laksmana sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Senin, 21 Oktober 2019 16:35 WIB
Sahril Ramadana

SIAK, POTRETNEWS.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak Provinsi Riau mendaftarkan 6.785 pegawai honorer sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan (BPJS-TK).

Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sumbar-Riau, Budiono, mengungkapkan hal itu saat peresmian Kampung Laksmana di Kecamatan Sabakauh, Kabupaten Siak, Riau, sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Peresmian dilakukan oleh Budiono, di Gedung Tengku Mahratu, Siak Sri Indrapura, Senin (21/10/2019).

Dia menyebut, kerja sama antara BPJS-TK dengan Pemkab Siak dilakukan 28 Desember 2018 lalu dengan Nomor: 27/HK/PK/2018. ”Ini langkah yang baik. Jumlah tenaga kerja honorer daerah yang sudah terdaftar 6785 orang dengan total iuran Rp. 830.643.450,” ucapnya.

Budiono juga memuji langkah Pemkab Siak yang telah bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Kantor Cabang Kota Pekanbaru untuk program jaminan sosial ketenagakerjaan bagi honorer.

Selain Kampung Laksmana, Kampung Pinangsebatang Timur, Kecamatan Tualang juga diresmikan sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial tahun 2019.

Menurut Budiono, penetapan Desa Sadar Jaminan Sosial bukan tanpa indikator. Misalnya, kata Budiono, Kampung Laksmana, di sini total jumlah penduduk 1290 jiwa. Sementara pekerja sebanyak 915 jiwa yang terdiri dari 24 jiwa penerima upah (PU) dan 775 jiwa bukan penerima upah (BPU). Namun semua pekerja tadi sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Lain halnya dengan Kampung Pinangsebatang Timur. Di sini, seluruh aparatur desanya telah terdaftar dalam program perlindungan jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan. ”Dua hal tadi sudah bisa ditetapkan sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial,” imbuh Budiono.

Dia mengatakan, inisiatif awal Desa Sadar Jaminan Sosial ini tahun 2017 lalu. Saat itu sudah 276 desa dinobatkan. Dan berlanjut ke tahun 2018, sebanyak 201 desa di Indonesia.

"Target kita, hingga akhir Desember 2019 sebanyak 198 desa di Indonesia diresmikan. Untuk Siak sendiri, selain dua kampung tadi, ada dua lagi yang sudah diresmikan sebelumnya, yakni tahun 2017 Kampung Buantanlestari Kecamatan Bungaraya, dan Tahun 2018 Kampung Tualang di Kecamatan Tualang," jelasnya.

Dengan adanya Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan ini, diharapkan mampu memberikan kontribusi positif kepada masyarakat sebagai pekerja dan meningkatnya kesadaran untuk memiliki jaminan sosial.

"Target kita, mencapai Universal Coverage (program yang memastikan masyarakat memiliki akses untuk mendapatkan pelayanan kesehatan tanpa harus mengahadapi kesulitan finansial, red). bagi seluruh pekerja di Indonesia,” ujarnya. ***

Kategori : Siak, Pemerintahan
wwwwww