Karnaval Budaya 2019 Bukti Keberagaman yang Indah di Negeri Hamparan Kelapa Dunia

Karnaval Budaya 2019 Bukti Keberagaman yang Indah di Negeri Hamparan Kelapa Dunia

Bupati dan Forkopimda Indragiri Hilir melambai ke arah peserta karnaval budaya.

Sabtu, 19 Oktober 2019 23:12 WIB
Muhammad Yusuf

TEMBILAHAN, POTRETNEWS.com - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau menggelar karnaval budaya tahun 2019, di Lapangan Upacara Gajah Mada Tembilahan, Sabtu (19/10/2019).

Acara yang dikemas dalam upacara ini diawali dengan penampilan kesenian Barongsai. Bupati Inhil, HM Wardan bertindak selaku pembina upacara.

Berbalut pakaian adat dari berbagai suku bangsa, tampak pula Wakil Bupati Syamsuddin Uti, unsur Forkopimda Inhil, Sekda Inhil Said Syarifuddin, Ketua TP-PKK Inhil Hj Zulaikhah Wardan, dan Wakil Ketua TP-PKK Inhil Anita Pramawati.

Kemudian, para asisten di Setda Kabupaten Inhil, kepala OPD di lingkungan Pemkab Inhil, ketua organisasi, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta para tamu undangan. Tema yang diangkat pada karnaval ini ialah ”Keragaman Budaya di Negeri Hamparan Kelapa Dunia.”

Dalam amanatnya, bupati mengatakan bahwa Indonesia merupakan bangsa yang besar yang tidak hanya terdiri dari berbagai suku, tetapi kaya akan budaya.

Meski demikian keberagaman tidak menjadikan Indonesia terpecah belah, tetapi tetap bersatu dan semakin memperkokoh NKRI dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika. ”Kemajemukan budaya sudah sepatutnya dijaga dan dilestarikan agar tetap bertahan. Salah satu hal yang dilakukan adalah dengan karnaval budaya ini," tutur Wardan.

Selain itu, imbuhnya, momen ini diharapkan dapat menjadi kesempatan untuk menanamkan kecintaan para generasi penerus bangsa pada warisan leluhur yang sangat berharga.

Terkait pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Periode 2019-2024 yang akan dilaksanakan besok, bupati mengucapkan selamat dan mengharapkan situasi tetap kondusif.

”Semoga pelantikan besok berjalan dengan aman dan lancar. Semoga Bapak Presiden dan Bapak Wakil Presiden amanah dalam menjalankan tugas. Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir juga siap mendukung program-program yang akan dijalankan," ujarnya.

Usai upacara, dilakukan parade dan pawai budaya yang diikuti oleh siswa/siswi SLTP dan SLTA di Tembilahan. Para peserta menampilkan macam-macam budaya Indonesia, mulai dari pakaian adat, makanan, tradisi, permainan daerah, hingga beragam kreativitas berupa pakaian daur ulang. Acara dimeriahkan pula dengan penampilan Polisi Cilik Inhil dan Purna Paskibra Inhil.

Sementara itu Wakil Bupati Inhil saat dimintai tanggapannya terkait kegiatan ini mengatakan rasa syukur yang tidak terhingga. "Alhamdulillahari ini seluruh unsur Forkompinda Kabupaten Indragiri Hilir dan seluruh komponen masyarakat berkumpul bersama, dan pernyataan sikap dukungan terhadap pelantikan Bapak Ir Joko widodo sebagai Presiden RI dan KH Ma’ruf Amin sebagai Wakil Presiden RI pada tgl 20 Oktober 2019 di Gedung MPR/DPR RI," ujarnya.

Uti berharap, dengan terciptanya persatuan dan kesatuan bangsa, Negara Kesatuan Republik Indonesia makin maju dan berjaya. ***

Kategori : Pemerintahan, Inhil
wwwwww