Home > Berita > Umum

Kemenag Siapkan ”Pusaka” untuk Cegah Seks Pranikah

Kemenag Siapkan ”Pusaka” untuk Cegah Seks Pranikah

Ilustrasi. (KOMPAS.com)

Kamis, 17 Oktober 2019 13:33 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Sebagai upaya pencegahan terjadinya seks pranikah, Ditektur Bina KUA dan Keluarga Sakinah Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag), Mohsen, meluncurkan program Pusat Layanan Keluarga (Pusaka) Sakinah di Provinsi Riau.

Pusaka Sakinah itu berpusat di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan. Salah satu fokus utama petugasnya adalah menyelamatkan remaja usia sekolah dari perbuatan zinah atau mencegah calon pengantin dari seks pranikah.

”Karena perkawinan anak terjadi kebanyakan disebabkan anak perempuan sudah hamil duluan, sehingga untuk menutup aib maka buru-buru dinikahkan," kata Mohsen sebagaimana dilansir dari laman resmi Kemenag pada Kamis (17/10/2019).

Dia menambahkan program Pusaka Sakinah juga telah diluncurkan Menteri Agama Lukman Hakim pada 12 September 2019 di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Selain mencegah seks pranikah, tujuan program ini adalah memberikan bimbingan bagi calon pengantin agar terampil dalam mengelola dinamika yang terjadi dalam keluarga.

Kegiatan lainnya, bimbingan masa nikah untuk memberi keterampilan mengelola hubungan yang berkesalingan dan berkeadilan, serta mengelola keuangan kekuarga.

”Dan yang terakhir adalah kegiatan pelayanan konsultasi dan pendampingan bagi rumah tangga yang mengalami permasalahan," ujar Mohsen.

Menurutnya dalam lima tahun ke depan Kemenag menargetkan meluncurkan program Pusaka Sakinah di 500 KUA. Targetnya di setiap kabupaten/kota terdapat KUA percontohan agar KUA lain bisa dijadikan KUA Pusaka Sakinah seperti di Bantul dan Riau. ***

Berita ini telah tayang di okezone.com dengan judul "Cegah Seks Pra Nikah, Kemenag Bakal Buka 500 KUA Pusaka Sakinah"

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum, Riau
wwwwww