Home > Berita > Umum

Seekor Anak Gajah Terkena Jerat di Sungaimandau Siak

Seekor Anak Gajah Terkena Jerat di Sungaimandau Siak

Seekor anak gajah terkena jerat di sungai.

Rabu, 16 Oktober 2019 17:57 WIB
Sahril Ramadana

SIAK, POTRETNEWS.com - Seekor anak gajah sumatera (elephas maximus sumatranus) liar terkena jerat, Selasa (15/10/2019) di Kampung Lubukumbut, Kecamatan Sungaimandau, Kabupaten Siak, Riau.

Tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Provinsi Riau pun berupaya menyelamatkan anak gajah itu dari jeratan orang yang tidak bertanggung jawab.

Dari keterangan tertulis yang diperoleh potretnews.com, Rabu (16/10/2019), kondisi anak gajah itu terluka akibat kena jerat ketika berendam di sungai dan terpisah dari rombongannya. ”Kita dapat laporan dari warga. Tanpa menunggu lama, tim Rescue BBKSDA langsung turun ke lokasi,” kata Humas BBKSDA Riau, Dian Indriati.

Dikatakan, gajah jantan tersebut kesulitan jalan keluar dari sungai lantaran kakinya terluka terkena jeratan benang nilon.

Dari keterangan warga, ucap Dian, gajah berumur 1 tahun ini berendam di sungai yang berada di lokasi konsesi milik PT Arara Abadi (AA), Distrik Melibur itu setelah ditinggal kelompoknya. Setelah tak bisa keluar dari sungai, masyarakat pun membantu mengawasi posisi satwa tersebut agar selalu terpantau.

”Saat ini, upaya evakuasi masih dilakukan dengan pengawalan 2 gajah jinak bernama Bankin dan Indah," ujarnya.

Tim pun memutuskan untuk melakukan tindakan medis darurat di lokasi. Mengingat usianya yang masih tergolong sangat muda dengan daya survive yang masih sangat rendah, maka gajah tersebut akan menjalani perawatan/pemulihan intensif di Pusat Latihan Gajah (PLG) Riau di Kecamatan Minas, Siak. ***

Kategori : Umum, Siak
wwwwww