Home > Berita > Umum

Protes Tahapan Pilkades Dihentikan, Warga Demo Kantor Camat Bathinsolapan Bengkalis

Protes Tahapan Pilkades Dihentikan, Warga Demo Kantor Camat Bathinsolapan Bengkalis

Warga Desa Kesumboampai demo ke Kantor Camat Bathinsolapan Bengkalis, Kamis (10/10/2019).

Kamis, 10 Oktober 2019 13:41 WIB
Panji Ahmad Syuhada/Akham Sophian
DURI, POTRETNEWS.com - Ratusan warga yang berasal dari Desa Kesumboampai menggelar aksi di halaman Kantor Camat Bathinsolapan, Kabupaten Bengkalis, Riau untuk menuntut keadilan. Mereka yang datang dari berbagai penjuru wilayah desa setempat bergerombol menggunakan kendaraan secara pawai yang dikawal oleh pihak kepolisian, Kamis (10/10/2019).

Koordinator aksi, Reswanto menyampaikan kekecewaan warga atas tahapan Pilkades Kesumboampai yang terhenti tanpa kejelasan itu.

”Tahapan pilkades tidak berjalan, sementara waktu tersisa tinggal 20 hari lagi untuk pemilihan kepala desa serentak gelombang III Kabupaten Bengkalis. Kami mohon agar ada kejelasan terkait proses ini, dan tahapan mesti dilanjutkan karena kami butuh pemimpin yang definitif,” kata Reswanto dalam orasinya di halaman kantor camat.

Aksi damai masyarakat tersebut dikawal penuh oleh pihak Kepolisian Sektor Mandau dan jajaran Koramil 04/Mandau.

Apabila hingga waktu yang disepakati tanggal 15 Oktober 2019 belum ada kejelasan tahapan pilkades tersebut, kata Reswanto, maka mereka akan kembali menggelar aksi serupa bahkan dengan massa yang lebih banyak.

”Intinya kami ingin yang terbaik bagi desa kami, pilkades terlaksana dan melahirkan pemimpin yang arif bijaksana," tandasnya.

Di samping itu, warga yang terdiri dari lintas suku ini meminta kepada Bupati Bengkalis agar mengambil kebijakan tegas terkait permasalahan ini. Bahkan, dalam spanduk yang dibentang warga di lokasi, mereka juga bertekad untuk menyukseskan helat Pemilihan Kepala Daerah Bengkalis mendatang.

Dalam spanduk, mereka menuliskan teks bahwa ”Siap mendukung Pemilihan Bupati Bengkalis 2020 Kasmarni S.Sos M.MP for Bengkalis 1”. ”Kami siap menyukseskan Pilkada Bengkalis mendukung penuh Ibu Kasmarni, tapi kami mohon sangat agar pilkades dilanjutkan,” tandas Reswanto.

Pada kesempatan yang sama, Camat Bathinsolapan melalui Sekretaris Kecamatan, Daswan menampung aspirasi warga. Dia berjanji akan membawa aspirasi tersebut ke Bupati Bengkalis melakui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa.

”Paling lambat besok permasalahan ini kami sampaikan ke Bupati melalui Dinas PMD,” tandasnya. ***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww