Home > Berita > Siak

Meriahnya Pawai Budaya Internasional yang Diikuti 1.100 Peserta di Kota Siak

Meriahnya Pawai Budaya Internasional yang Diikuti 1.100 Peserta di Kota Siak

Penampilan peserta pawai dari Kecamatan Minas.

Kamis, 10 Oktober 2019 17:49 WIB
Sahril Ramadana

SIAK, POTRETNEWS.com - Festival Siak Bermadah 2019 digelar dengan acara pawai budaya internasional di sejumlah ruas jalan Kota Siak Sri Indrapura, Kamis (10/10/2019). Acara yang diikuti 1.100 peserta tersebut berlangsung meriah.

Menurut Bupati Siak Alfedri, pawai ini merupakan salah satu rangkaian acara Festival Siak Bermadah untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-20 Kabupaten Siak.

Festival berlangsung 10-12 Oktober dan diikuti 24 tim. Dua di antaranya berasal dari Malaysia, yakni Pahang dan Kuala Lumpur. Sementara dari Provisi Riau; Kabupaten Rokan Hulu dan Kota Pekanbaru.

Kemudian, Kabupaten Lingga dan Kota Batam dari Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Jambi, Kota Medan Provinsi Sumatera Utara, Kota Banjarmasin dari Kalimantan Selatan, tim tuan rumah, serta 14 kecamatan se-Kabupaten Siak.

”Tujuan acara ini, untuk memperkenalkan budaya dari daerah lain. Tapi dalam rumpun seni budaya Melayu. Karena Siak ingin jadi pusat melayu di Riau, dan Riau pusat budaya Melayu Indonesia," kata Alfedri kepada wartawan, di lokasi pelepasan pawai, depan Istana Siak.

Festival Siak Bermadah 2019 mengangkat teman ”Siak Hijau, Siak Lestari”. Ini berkaitan dengan alam dan pelestarian lingkungan hidup yang ada daerah itu. ”Karena Siak sebagai Kabupaten Hijau, maka kita buat tema ini berkaitan dengan alam,” ujar Alfedri.

Dibanding tahun 2018 lalu, ada penurunan jumlah tim yang ikut festival ini. Dulu, jumlah timnya sebanyak 26. Dua di antaranya dari Malaysia dan sisanya tim dalam negeri serta 14 kecamatan se-Siak. ”Tapi, jumlah peserta pawai lebih meningkat, tahun lalu sebanyak 1.060, kini 1.100 lebih. Anggaran yang digunakan Rp190 juta,” sebutnya.

Acara ini dibuka bersamaan dengan Festival Kabupaten Lestari 2019 malam ini di lapangan Tengku Mahratu, Kota Siak Sri Indrapura. ***

Kategori : Siak, Umum
wwwwww