Mendagri Keluhkan Kinerja Sebagian Pemda karena yang Inovatif Itu-Itu Saja

Mendagri Keluhkan Kinerja Sebagian Pemda karena yang Inovatif Itu-Itu Saja

Mendagri Tjahjo Kumolo bersama sejumlah gubernur pada penghargaan Innovative Government Award 3 tahun 2019 di Jakarta, Senin (7/10/2019). (ISTIMEWA)

Selasa, 08 Oktober 2019 08:12 WIB

JAKARTA, POTRETNEWS.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengeluhkan kinerja sebagian pemerintahan daerah yang kurang inovatif. Ia menyebut daerah yang melakukan inovasi hanya itu-itu saja, sementara lainnya tak maksimal.

Hal itu disampaikan oleh Tjahjo pada pemberian penghargaan Innovative Government Award 3 tahun 2019 di Jakarta, Senin (7/10/2019).

Tjahjo mengatakan meski secara kuantitas naik, namun untuk peraih penghargaan masih berkutat di daerah itu-itu saja. Bahkan bukan hanya ajang yang diselenggarakan di kementeriannya, namun juga di ajang penghargaan yang diselenggarakan lembaga maupun pihak lain.

”Ada banyak lembaga yang menyelenggarakan seperti ini. Tapi 80 persen yang menang sama. Jawa Tengah, Jawa Barat untuk provinsi, Banyuwangi untuk kabupaten,” katanya.

Ada lima cluster atau kategori dalam Innovative Government Award 3 tersebut yakni cluster Provinsi Terinovatif, Kota terinovatif, Kabupaten terinovatif, Daerah perbatasan Terinovatif dan Daerah Tertinggal Terinovatif. Total ada 32 Pemda peraih penghargaan dengan penilaian utama Tata Kelola Pemerintahan, Layanan Publik dan Layanan Lainnya.

Untuk cluster Pemerintah Provinsi Terinovatif, Jawa Tengah berhasil menjadi yang terbaik disusul Jawa Barat, Sumatera Barat, DKI Jakarta dan Riau. Sementara untuk cluster Kota Terinovatif diraih Kota Denpasar. Untuk Kabupaten Banyuwangi berhasil menjadi Kabupaten Terinovatif.

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo mengatakan meski secara kuantitas naik, namun untuk peraih penghargaan masih berkutat di daerah itu-itu saja. Bahkan bukan hanya ajang yang diselenggarakan di kementeriannya, namun juga di ajang penghargaan yang diselenggarakan lembaga maupun pihak lain.

”Ada banyak lembaga yang menyelenggarakan seperti ini. Tapi 80 persen yang menang sama. Jawa Tengah, Jawa Barat untuk provinsi, Banyuwangi untuk kabupaten,” sebutnya.

Dia berharap pemerintah daerah lain semakin semangat melakukan pembaruan-pembaruan terutama di bidang tata kelola pemerintahan dan layanan publik. Agar pembangunan dan pemerataan pertumbuhan perekonomian bisa benar-benar dirasakan masyarakat. Meskipun secara kuantitas inovasi yang dilakukan Pemerintah Daerah di tahun ini melonjak drastis sebanyak 217 persen. Karena pada tahun 2018 ada 3718 inovasi, sementara tahun 2019 sebanyak 8014 inovasi dilahirkan.

”Ke depan ini harus mewarnai pembangunan di daerah. Filosofinya adalah memangkas biaya, jalur birokrasi dan waktu. Selanjutnya harus jadi smart government. Ini harus didukung akademisi, para tokoh dan masyarakat,” ucap Tjahjo.

Tiga filosofis itu pula yang oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo diterjemahkan dalam pelayanan Mudah, Murah dan Cepat. Dia mengatakan intisari dari tiga pelayanan itu adalah akuntabilitas dan transparansi.

”Dengan seperti itu banyak hal kita peroleh karena semua yang kita lakukan bisa dipertanggungjawabkan, sumber daya manusia semakin baik dan yang paling penting adalah masyarakat terlayani dengan baik,” pungkas Ganjar. ***

Berita ini telah tayang di semaranginside.com dengan judul "Mendagri: Daerah yang Inovatif Itu-Itu Saja"

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Pemerintahan, Riau
wwwwww