Kebakaran Hutan di Riau Belum Teratasi, Api Masih Membara di 3 Kabupaten

Kebakaran Hutan di Riau Belum Teratasi, Api Masih Membara di 3 Kabupaten

Gambar hanya ilustrasi, tidak terkait dengan berita. (BERITASATU)

Sabtu, 05 Oktober 2019 14:07 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Riau masih melakukan pemadaman dan pendinginan kebakaran hutan dan lahan atau karhutla di beberapa daerah seperti Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Indragiri Hulu, dan Kabupaten Siak.

Kepala BPBD Riau, Edwar Sanger mengatakan saat ini Satgas Karhutla masih tetap bekerja seperti biasa melakukan pemadaman dan pendinginan di daerah yang terbakar. Ada beberapa daerah masih terbakar, meski areanya tidak luas.

”Seperti kebakaran di Desa Payarumbaikampung, Kecamatan Siberida, Indragiri Hulu. Di sana teman-teman satgas sudah melakukan pemadaman dan pendinginan lanjutan selama 10 hari, karena api dan asap masih ada," ujarnya Sabtu (5/10/2019).

Lalu masih di Indragiri Hulu, kebakaran juga terjadi di Desa Talang Jerinjing, Kecamatan Rengat Barat. Di sana satgas sudah melakukan pemadaman selama 16 hari. Kemudian di Kecamatan Peranap Inhu juga kebakaran, sudah 2 hari satgas melakukan pemadaman dan saat ini pendinginan.

Selanjutnya di Kabupaten Pelalawan, tepatnya di Kecamatan Kerumutan. Di sana ada dua titik kebakaran yakni Kelurahan Kerumutan dan Desa Makteduh.

Sementara itu di Kabupaten Siak terdapat kebakaran di Desa Perawang Barat, Tualang. Namun hanya 0,5 hektar. "Di sana api sudah berhasil dipadamkan, saat ini personel melakukan pendinginan," ujarnya.

Adapun saat ini Riau masih berstatus siaga karhutla, yang ditetapkan Pemprov Riau sejak 19 Februari 2019 sampai 31 Oktober 2019. ***

Artikel ini telah tayang di tempo.co dengan judul "Kebakaran Hutan Masih Terjadi di 3 Kabupaten di Riau"

Editor:
Akham Sophian

wwwwww