Home > Berita > Umum

Karena Karhutla, Penjualan Motor Suzuki Turun 9 Persen di Riau

Karena Karhutla, Penjualan Motor Suzuki Turun 9 Persen di Riau

Ilustrasi. (REUTERS)

Kamis, 03 Oktober 2019 10:38 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi sepanjang September di Pulau Sumatera dan Kalimantan turut berpengaruh terhadap penjualan motor. Salah satu contohnya adalah pabrikan Suzuki. Dikatakan Dept Head of Sales & Marketing 2W SIS Yohan Yahya, penjualan motor Suzuki di daerah terdampak karhutla seperti di Provinsi Riau, Jambi, dan Kalimantan Tengah, mengalami penurunan penjualan.

"Kalau di Riau, penurunannya kira-kira 8 sampai 9 persen lah. Yang Kalimantan kira-kira 6 sampai 7 persen," kata Yohan, kepada detikcom, belum lama ini.

Menurut Yohan, adanya bencana asap akibat karhutla, membuat orang enggan melakukan aktivitas di luar rumah. "Karena otomatis orang banyak yang tidak keluar rumah, kemudian juga banyak yang mengungsi jadi mau tidak mau orang berpikir kesehatan dulu lah," ujarnya.

Diler-diler Suzuki di daerah terdampak pun akhirnya lebih banyak melakukan kegiatan-kegiatan CSR.

"Kemarin saat terjadi bencana asap karhutla, yang kami perbanyak aktivitas CSR, kita bagi-bagikan masker khusus buat anti asap kepada masyarakat,” pungkas Yohan. ***

Berita ini telah tayang di detik.com dengan judul "Karena Karhutla, Penjualan Motor Suzuki Turun di Daerah Terdampak"

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum, Riau
wwwwww