Sudah Sepekan, Kebakaran Hutan di Desa Rimbopanjang Kampar Belum Padam

Sudah Sepekan, Kebakaran Hutan di Desa Rimbopanjang Kampar Belum Padam

Warga berusaha menerobos kepulan asap yang membakar lahan di samping peemukiman warga Rimbopanjang, Kampar, Ahad (22/9/2019). Akibat karhutla ini sejumlah penerbangan tujuan Pekanbaru terpaksa dialihkan. (RIAUPOS.co)

Senin, 23 September 2019 11:35 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Desa Rimbopanjang, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Riau, belum teratasi.

Kebakaran lahan gambut tersebut, sudah terjadi selama sepekan. Hingga Ahad (22/9/2019) malam pukul 20.00 WIB, petugas gabungan masih berjibaku memadamkan api. Tak hanya petugas pemadam, warga setempat juga turut membantu.

”Malam ini kami masih melakukan pemadaman, karena dalam kondisi urgent, yakni dekat dengan rumah warga. Di sini ada tim dari BPBD Riau, TNI, Manggala dan masyarakat," sebut Kasi Distribusi dan Logistik BPBD Riau Suarfianto di lokasi karhutla, Ahad malam.

Menurut dia, pada Sabtu (21/9/2019) sore, api sudah berhasil dipadamkan. Namun, hari ini petugas mendapat informasi dari masyarakat bahwa api kembali muncul yang mengeluarkan asap. Sehingga, petugas kembali berjibaku memadamkan api hingga malam ini. Upaya itu dilakukan untuk mengantisipasi api merembet ke permukiman warga. Apalagi, salah satu rumah warga sangat dekat dengan titik api, berjarak sekitar 15 meter. ***

Berita ini telah tayang di kompas.com dengan judul "Sudah Seminggu, Kebakaran Hutan Gambut di Kampar Riau Belum Teratasi"

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Lingkungan, Kampar
wwwwww