Home > Berita > Sport

Pembalap Tuan Rumah Juara Etape 4 TdSi 2019

Pembalap Tuan Rumah Juara Etape 4 TdSi 2019

Pembalap BSP juara satu etape 4.

Minggu, 22 September 2019 19:32 WIB
SIAK, POTRETNEWS.com - Pembalap Indonesia Muhammad Nur Fathoni keluar sebagai juara etape 4 Balap Sepeda Tour de Siak (TdSi), Ahad (22/9/2019). Pembalap dengan nomor start 11 ini tampil dengan bendera tuan rumah, Bumi Siak Pusako (BSP).

Dia berhasil meraih podium pertama setelah berhasil melahap lintasan Siak City Race atau keliling Kota Siak Sri Indrapura dengan jarak tempuh 102 kilometer sebanyak enam lap (34 kilometer lebih pendek dari rencana semula, 136 kilometer karena asap) dengan mencatatkan waktu 2 jam, 20 menit, 31 detik.

Untuk posisi kedua ditempati oleh Mohd Harrif Saleh dari Terengganu Cycling Team (Malaysia) dan posisi ketiga Aidan James Mendoza dari Nex CCN Cycling Team Singapura.

Sebetulnya 40 dari 53 pembalap yang berlaga di etape ini sampai di garis finis dengan catatan waktu yang sama. Yang membedakan cuma pada catatan sprint. Fathoni mendapat bonus 11 second, Mohd Harrif 06 second dan Aidan 04 second.

Menurut Race Direktur Tour de Siak 2019, Sondi Sampurno, catatan waktu sama lantaran dari awal hingga akhir balapan semua pembalap satu gerombolan besar. 

"Tak pernah jauh-jauh dari rombongan. Lepas pun ketangkap lagi, paling lepas kira-kira 40 sampai 50 detik dan masuk lagi ke rombongan besar," kata Sondi kepada potretnews.com.

Memang, kata Sondi, di putaran pertama ada dua pembalap terpisah dan berada di depan, tapi tidak terlalu lama dan kembali ke rombongan besar. 

"Boleh saya bilang, etape ini paling sengit. Karena jarak tempuhnya diperpendek, pembalap pun saling nyusul-menyusul. Saya juga ucapkan selamat kepada pembalap BSP yang berhasil naik podium. Ini hadiah buat masyarakat Siak," sebutnya.

Terpisah, saat diwawancarai, Fathoni pun mengaku berhasil naik podium berkat kerja sama tim. Itu terlihat kira-kira 1 kilometer jelang finis.

"Sebelumnya, posisi saya di leher kurang lebih 2 kilometer jelang finis. Saat itu, jarak saya dengan anak-anak (satu tim) tak jauh. Mereka pun memberikan jalan untuk saya maju ke depan, dan akhirnya finish di nomor satu," ucapnya.

Arifin pun mengaku semua pembalap lawan berat. Selain itu, kabut asap yang menyelimuti Kabupaten Siak menjadi tantangan paling berat.

"Semua pebalap lawan berat dan lintasan juga berat karena kabut asap. Tapi, saya bersyukur bisa naik podium di etape ini," ujar dia.

Empat Pembalap Mundur
 Pada putaran pertama dan kedua etape 4, sebanyak empat pembalap menyatakan mundur lantaran tak sanggup lagi karena kabut asap pekat di Siak.

Mereka adalah; Timothy Harvey dan Matthew Harvey dari Valovit Australia, Bram Imming dari Global Cyckling Holland dan Robet Muller dari Nex CNN Cycling Team.

Menurut Race Direktur Tour de Siak 2019, Sondi Sampurno, keempat pembalap itu dari awal mengalami iritasi mata. Namun, kata dia, belum dapat dipastikan penyebabnya karen asap.

"Dari awal kita sampaikan ke pembalap, jika tidak ikut, tak apa-apa, tidak ada paksaan bagi pembalap dan semua ofisial tim juga sepakat ikut balapan. Namun mereka tetap mau ikut," imbuh Sondi.

"Hanya empat pembalap yang mundur, sisanya tetap semangat berpacu. Total yang ikut balapan tadi 50 orang. Satu orang lagi dari awal start memang tak ikut karena jatuh di etape dua," pungkasnya. ***

Kategori : Sport, Siak
wwwwww