Home > Berita > Siak

Sempat Balapan 20 Km, Etape 3 Tour de Siak 2019 Dihentikan karena Kabut Asap Tebal

Sempat Balapan 20 Km, Etape 3 <i>Tour de Siak</i> 2019 Dihentikan karena Kabut Asap Tebal

Ambulans disiapkan di garis finis menunggu kedatangan pembalap.

Sabtu, 21 September 2019 14:22 WIB
SIAK, POTRETNEWS.com - Etape 3 Balap Sepeda Tour de Siak 2019 dihentikan setelah balapan sempat berjalan hingga 20 kilometer karena kabut asap tebal, Sabtu (21/9/2019). Setiba di daerah Tambakrejo, Kecamatan Mempura, Kabupaten Siak, Race Director Tour de Siak (TdSi) Sondi Sampurno mengambil sikap untuk menghentikan pertandingan.

”Karena kabut asap sangat lekat, kami menghentikan pertandingan sebelum terjadi permasalahan. Teknisnya tadi saya menghubungi panitia yang di depan, untuk menghentikan pertandingan," kata Sondi Sampurno kepada wartawan.

Dari instruksi itu, lanjut Sondi, personelnya yang berada di depan para pembalap mengangkat bendera merah, sebagai isyarat kepada seluruh pembalap, bahwa perlombaan dihentikan. ”Ini faktor alam, dan satu hal yang biasa, sama halnya jika terjadi hujan petir atau banjir, perlombaan dihentikan,” terang Sondi Sampurno.

Sementara untuk etape keempat Ahad (Minggu) besok, Sandi belum bisa memastikan apakah digelar atau tidak. Menurutnya, jika besok kondisi kabut asap masih separah ini, pihaknya akan mengambil keputusan yang sama.

Sehingga helat TdSi hanya berlangsung dua etape, dan juara nya ditentukan dari dua etape yang telah berlangsung sebelumnya. ”Kalau besok kondisi kabut asap sepeti ini, etape empat juga kita batalkan. Juaranya diambil dari etape yang sudah dilaksanakan," tandas Sondi.

Jarak tempuh etape 3 dengan rute Siak-Dayun-Kotogasib-Siak sejatinya sudah diperpendek dari 160 kilometer menjadi 80 kilometer. Ini dilakukan lantaran kabut asap masih menyelimuti Kabupaten Siak. Sondi pun mengaku akan melaporkan seluruh rentetan jalannya Tour de Siak tahun ini kepada UCI. ***

Kategori : Siak, Sport
wwwwww