Dalam Sehari 485 Hektar Lahan di Riau Terbakar, Paling Parah Desa Anaktalang Indragiri Hulu

Dalam Sehari 485 Hektar Lahan di Riau Terbakar, Paling Parah Desa Anaktalang Indragiri Hulu

Petugas pemadam kebakaran memadamkan api saat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Pekanbaru, Riau, Jumat (13/9/2019). (LIPUTAN6.com)

Sabtu, 21 September 2019 18:42 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Hari ini, kebakaran hutan dan lahan di Riau tergolong luar biasa. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau menyebut, ada 485,4 hektar (ha) lahan yang terbakar. Luasan itu terjadi di sejumlah daerah di Riau.

Karhutla tadi kemudian menghasilkan 129 titik api hingga menyebabkan 4 kabupaten/kota; Pekanbaru, Pelalawan, Dumai dan Indragiri Hulu (Inhu) diselimuti kabut asap.

”Sampai saat ini kebakaran terus meluas, api masih dalam proses pemadaman," kata Kepala BPBD Riau, Edwar Sanger, Sabtu (21/9/2019).

Edwar merinci, karhutla paling parah terjadi di Inhu, persis di Desa Anaktalang Kecamatan Batangcenaku. Di sini lahan terbakar seluas 200 ha dari sebelumnya 100 ha.

Lalu di Desa Danaurambai meluas 28 ha, Desa SeirRaya dan Kelurahan Sekip Hilir meluas 16 ha, Desa Sekolubuktigo meluas hingga 83 ha.

”Di Pelalawan, kebakaran lahan terjadi di beberapa desa; Pangkalan Gondai meluas menjadi 40 ha, Desa Lalangkabung meluas 5 ha, Desa Lubukkranji Timur meluas 15 ha. Desa Rantaubaru meluas 50, Kelurahan Pelalawan 2 ha,” rinci Edwar.

Sementara di Inhil, lahan terbakar terjadi di Desa Lahang Hulu seluas 3 ha dan Desa Pulaukecil 5 ha. Di Kabupaten Kampar, lahan terbakar terjadi di Desa Rimbopanjang meluas menjadi 5 ha.

Di Siak, kebakaran lahan terjadi di Desa Buatan Besar 6 ha dan Desa Benteng Hulu 0,4 ha. ”Di Rokan Hulu, kebakaran lahan melanda Desa Kotoranah seluas 4 ha dan Desa Sontang 5 ha. Dan terakhir Kepenghuluan Teluknilap meluas jadi 18 ha dari luas awal 4 ha," katanya.

Kasi Data dan Informasi BMKG Stasiun Pekanbaru Marzuki menjelaskan, kabut asap mengakibatkan jarak pandang menjadi sangat terbatas. Di Pekanbaru misalnya, jarak pandang hanya 700 meter.

”Yang paling terbatas itu jarak pandangnya di Pelalawan, hanya 400 meter. Indragiri Hulu 500 meter dan Dumai agak lebih baik, 2 kilometer. Tapi semua daerah itu diselimuti kabut asap," pungkas Marzuki. ***

Berita ini telah tayang di gatra.com dengan judul "Dalam Sehari 485 Hektar Lahan di Riau Terbakar"

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Lingkungan, Inhu, Riau
wwwwww