Home > Berita > Siak

Tour de Siak 2019 Resmi Dibuka, 55 Pembalap dari Dalam dan Luar Negeri Siap Jadi yang Terbaik

<i>Tour de Siak</i> 2019 Resmi Dibuka, 55 Pembalap dari Dalam dan Luar Negeri Siap Jadi yang Terbaik

Petikan gambus menandai dibukannya perhelatan Tour de Siak 2019.

Kamis, 19 September 2019 02:20 WIB

SIAK, POTRETNEWS.com - Perhelatan balap sepeda Tour de Siak (TdSi) 2019 resmi dibuka Gubernur Riau Syamsuar pada Rabu (18/9) malam, di Gedung Daerah Sultan Syarif Kasim II Siak, di Kecamatan Mempura, Siak Sri Indrapura.

Sebanyak 55 pembalap dari 11 tim dalam dan luar negeri siap bersaing untuk menjadi yang terbaik.

Ke-55 pembalap tersebut berasal dari sejumlah negara, mulai dari Malaysia, Filipina, Jepang, Iran, Belanda, Australia, dan tuan rumah, Indonesia.

Gubernur Syamsuar dalam sambutannya mengatakan, Kementerian Pariwisata RI sudah menetapkan tiga kegiatan di Provinsi Riau yang masuk kedalam 3 top event internasional. Satu antaranya Tour de Siak.

”Bakar Tongkang Rohil, Pacu Jalur Kuansing dan Tour de Siak masuk kategori acara paling top. Kita juga sudah mengusulkan ke Kemenpar agar Kampar International Dragon Boat Race bisa masuk kategori itu," kata Syamsuar.

Bupati Siak Alfedri pun menyampaikan, TdSi sudah masuk 100 Top Pariwisata. Dia menyebut Kemenpar juga telah menyatakan mendukung penuh kegiatan itu.

”Biaya artis Andra and The Backbone dan sejumlah promosi Tour de Siak dibantu oleh Kemenpar,” ungkap Alfedri. Oleh karena itu, dia berharap acara ini dapat berjalan lancar di tengah kabut asap kebakaran hutan dan lahan (karhutla) menyelimuti Kabupaten Siak.

Tour de Siak 2019 diikuti 11 tim dari 7 negara. Adapun tujuh tim dari luar negeri yang ikut adalah; Terengganu Cycling Team (Malaysia), Global Cycling Holland (Belanda), Valovit Australia, Foolad Mobarakeh Sepahan (Iran), Nex CCN Cycling Team (Filipina), Kinan Cycling Team (Jepang), dan Go For Gold Cycling Team (Filipina).

Sedangkan tiga tim dari dalam negeri, yakni; BSP Siak, KFC Cycling Team, Indonesia National Team, KGB Cycling Team.

”Total jumlah pembalap 55 orang. Untuk nomor kecil diberikan kepada pembalap dalam negeri dan nomor besar ke luar negeri," kata Fungsionaris Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sport Indonesia (PB ISSI) Sondi Sampurno.

Sementara itu, perwakilan tim dalam dan luar negeri yang ditemui di sela-sela pembukaan, mengaku optimis timnya meraih gelar juara. ***

Kategori : Siak, Sport, Pemerintahan
wwwwww