Home > Berita > Rohul

Cerita di Balik Video Viral Warga Seberangi Sungai Naik Motor ala Flying Fox

Cerita di Balik Video <i>Viral</i> Warga Seberangi Sungai Naik Motor ala <i>Flying Fox</i>

Warga menyeberangi sungai bak flying fox di Desa Sei Kumango, Kecamatan Tambusai, Kabupaten Rokan Hulu, Riau. (ISTIMEWA VIA KOMPAS.com)

Kamis, 19 September 2019 07:10 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Sebuah video viral yang memperlihatkan dua orang perempuan menyeberangi sungai dengan sepeda motor diikat tali layaknya flying fox. Ternyata, lokasi itu berada di wilayah Provinsi Riau. Setelah ditelusuri Kompas.com, lokasinya persis di Kecamatan Tambusai, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).

Tempat penyeberangan ekstrem itu merupakan akses warga ke kebun. Warga menyeberangi sungai dengan dengan tali sling, sebagai akses alternatif dari Seikumango ke Dusun Marubi, Desa BatangkKumu, Kecamatan Tambusai.

Berdasarkan cerita dari mantan Kepala Desa Sei Kumango Afnan Pulungan, penyeberangan bak flying fox tersebut, dibuat oleh warga untuk pergi ke kebun.

”Tempat penyeberangan itu dulu dibuat sama warga, namanya Aris. Itu dibuat sebagai alternatif pergi ke kebun sawitnya. Tapi saya kurang tau persis kapan mulai dibuat," kata Afnan saat dihubungi Kompas.com melalui sambungan telepon, Rabu (18/9/2019).

Namun, dia mengaku menyayangkan rekaman video warga sedang menyerang seperti flying fox tersebut menjadi viral. Karena, kata Anfan, tempat penyeberangan itu bukan akses lalu lintas masyarakat seperti biasanya.

”Itu bukan jalan lintas yang digunakan bagi semua orang. Tapi hanya warga yang punya ke kebun di seberang saja. Di video itu kan seakan-akan memperlihatkan lalu lintas warga, tapi belum dibangun jembatan. Bukan seperti itu sebenarnya," ungkap Afnan.

Afnan selama enam tahun menjabat sebagai Kepala Desa Seikumango. Jabatannya berakhir pada bulan Juli 2019 lalu. Karena itu, dia tahu penyeberangan bak 'flying fox' tersebut dibuat warga hanya untuk pergi ke kebun sawit. "Saya pun jadi kaget video itu bisa viral. Tadi orang dari dinas PUPR Rohul sampai datang meninjau ke lokasi," sebut Afnan.

Dia mengatakan, di seberang Desa Sei Kumango merupakan Dusun Marubi, Desa Batangkumu, yang berada di areal perkebunan sawit PT Marihat. Sehingga, warga yang mau ke kebun, sebagian melewati penyeberangan ekstrem tersebut.

”Penyeberangan dibuat dengan sling. Lalu sepeda motornya diikat dengan tali. Karena di situ lokasinya landai. Lebar sungai sekitar 14 meter" kata Afnan.

Dia menyebut, untuk menuju Dusun Marubi melalui penyeberangan bagaikan flying fox memang jauh lebih cepat dibandingkan dengan melewati jalan yang sudah dibangun jembatan. Tapi jika melewati jalan poros, jarak tempuhnya cukup jauh.

”Kalau mutar lewat jalan poros KUD, memang jauh. Jaraknya sekitar 18 kilo. Jalannya juga bagus. Tapi Aris (salah satu warga membuat tempat menyeberang itu biar cepat sampai ke kebun," ujar Afnan. Meski cukup banyak warga yang menyeberang dengan sling tersebut, sejauh ini belum ada warga yang jatuh ke sungai.

Akan tetapi, tempat penyeberangan tersebut sangat ekstrem dan membahayakan. "Kalau korban jatuh setahu saya belum ada. Memang beberapa petani kadang juga membawa sepeda motor dengan barang-barang hasil seperti karet, sawit sebagainya," kata Afnan.

Sebagaimana diketahui, sebuah video viral sejak Ahad (15/9/2019) malam hingga Senin (16/9/2019), yang merekam dua orang perempuan dan sepeda motornya menyeberangi sungai dengan bantuan tali layaknya flying fox.

Video ini beredar di grup-grup WhatsApp dan berbagai platform media sosial; Facebook, Twitter, dan Instagram. Dalam video berdurasi 1 menit 14 detik itu, dua perempuan terlihat duduk berboncengan di atas motor yang kedua stang dan bagian belakangnya sudah dikaitkan ke tali.

Berbekal kaitan tali, kedua perempuan ini dan sepeda motornya meluncur ke seberang sungai dengan mengandalkan tali tuas yang sebelumnya dipasang oleh beberapa anak laki-laki. Dari gambaran lokasi yang terekam pada video itu, terlihat sungai yang tidak terlalu lebar, dan terletak di antara perkebunan sawit.

Ketika meluncur, kedua perempuan duduk di atas sepeda motor terdengar berteriak, diikuti teriakan beberapa orang lainnya yang terdengar. ***

Berita ini telah tayang di kompas.com dengan judul "Viral Video Warga Seberangi Sungai Naik Motor ala "Flying Fox", Begini Ceritanya"

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Rohul, Umum
wwwwww