Antisipasi Dampak Kabut Asap, Koramil 04/Mandau Bengkalis Siapkan Rumah Singgah dan Bagikan Ribuan Masker

Antisipasi Dampak Kabut Asap, Koramil 04/Mandau Bengkalis Siapkan Rumah Singgah dan Bagikan Ribuan Masker

Danramil 04/Mandau Kapten (Arh) Hulman Sitorus. (PANJI A SYUHADA)

Rabu, 18 September 2019 16:49 WIB
Panji Ahmad Syuhada/Akham Sophian

DURI, POTRETNEWS.com - Komandan Rayon Militer (Danramil) 04/Mandau, Bengkalis, Kapten (Arh) Hulman Sitorus mengimbau kepada masyarakat di Duri dan sekitarnya untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan, terutama bagi anak-anak.

Wabah asap yang ditimbulkan akibat kebakaran hutan dan lahan diwilayah Riau membuat khawatir semua pihak, tak terkecuali TNI yang ikut serta dalam pemadaman karhutla.

”Kita khawatir dampaknya bagi kesehatan, maka itu kepada masyarakat kami mengimbau untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan dan apabila keluar gunakan masker, " kata Hulman Sitorus, usai membagikan ribuan masker kepada warga di Bathinsolapan, Bengkalis, Riau, Rabu (18/9/2019).

Dia khawatir, dampak asap tersebut menimbulkan penyakit, terutama ISPA (infeksi saluran pernafasan akut) bagi warga.

Maka, dengan sigap, bersama puskesmas, Polri dan pemerintah, Kapten Hulman membagikan ribuan masker kepada masyarakat di depan Kantor Camat Bathinsolapan, Kabupaten Bengkalis. Itu sebagai langkah awal dalam mengantisipasi.

”Antisipasi kabut asap, kami bagikan masker. Terbukti, pagi ini saja sudah ribuan yang tersebar kepada masyarakat, " katanya.

Di samping itu, sosialisasi dari TNI juga digencarkan dalam penanganan karhutla. Bahkan menurut Sitorus, sesuai arahan pimpinan, Koramil 04/Mandau juga telah membuka rumah singgah pemulihan akibat dampak asap bagi masyarakat wilayah kerjanya.

”Kita telah buka rumah singgah pemulihan dampak asap, ada dua yaitu di Simpang Anggur Kecamatan Pinggir dan di Markas Koramil Mandau,” jelasnya.

Rumah singgah tersebut, bertujuan untuk menampung dan melayani warga yang sakit akibat terpapar dampak jerebu asap. ***

Kategori : Lingkungan, Bengkalis
wwwwww