PotretNews.com Minggu 20 Oktober 2019
Home > Berita > Riau

Data BNPB: 40 Ribu Hektar Lahan Gambut di Riau Terbakar

Data BNPB: 40 Ribu Hektar Lahan Gambut di Riau Terbakar

Ilustrasi. (ANADOLU AGENCY)

Sabtu, 14 September 2019 18:37 WIB

JAKARTA, POTRETNEWS.com - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengatakan hingga saat ini kebakaran lahan gambut paling luas berada di Provinsi Riau. Puluhan ribu hektar lahan gambut terbakar di daerah ini pada tahun 2019.

”Untuk lahan gambut yang terluas terbakarnya itu ada di Riau. Mencapai 40 ribu hektar," kata Doni di Gedung BNPB, Pramuka, Jakarta Timur, Sabtu (14/9/2019).

Berdasarkan data BNPB, Doni mengatakan ada kira-kira 50 ribu hektar wilayah di Riau. Lahan gambut yang mengalami kebakaran mencapai 40.553 hektar.

Doni menuturkan, BNPB telah melakukan hujan buatan dengan menggunakan helikopter dibantu pihak swasta. Namun, upaya untuk memadamkan api tersebut memang tidak mudah. Ini dilarenakan api dilahan gambut cukup susah di padamkan.

Ads
”Itu tak menjamin gambut yang terbakar bisa padam. Bahkan di Sumatera Selatan, pengakuan dari salah satu officer BNPB, sudah satu bulan, di satu tempat, hingga hari ini gambutnya belum padam" ucap Doni.

Pemadaman susah dilakukan karena saat ini tengah memasuki musim kemarau. Untuk diketahui, dari bulan Januari hingga Agustus 2019. BNPB mencatat kebakaran pada lahan berhutan seluas 328.724 hektar. 27 persen atau 89.563 hektar di antaranya adalah lahan gambut.

Kebakaran lahan tersebut mengakibatkan asap yang menganggu masyarakat dan menyebabkan penyakit ISPA. Selain itu, sekolah-sekolah pun diliburkan dan penerbangan banyak yang terpaksa dihentikan akibat asap yang semakin menebal. ***

Berita ini telah tayang di suara.com dengan judul "Kepala BNPB: 40 Ribu Hektare Lahan Gambut di Riau Terbakar"

Editor:
Akham Sophian

       
        Loading...    
           
       
        Loading...    
           
wwwwww