PotretNews.com Sabtu 19 Oktober 2019

Polri Sebut Riau dan Jambi Paling Banyak Terjadi Kebakaran Hutan dan Lahan

Polri Sebut Riau dan Jambi Paling Banyak Terjadi Kebakaran Hutan dan Lahan

Gambar hanya ilustrasi. (AFP)

Jum'at, 13 September 2019 19:35 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di sebagian wilayah Indonesia didominasi dari wilayah Indonesia barat. Tepatnya di wilayah provinsi Riau dan Jambi.”Ya kalau Sumatera masih mendominasi, khususnya daerah Riau dan Jambi. Cuma kan sudah mulai turun, kalau Kalimantan sudah mulai turun hujan. Kalimantan yang paling mendominasi hanya Kalimantan Tengah," kata Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di kantornya, Jakarta Selatan, Jumat (13/9/2019).

Dalam kebakaran hutan yang menyebabkan wilayah di sekitarnya tertutup kabut asap itu, kata Dedi, polisi telah menetapkan sebanyak 175 tersangka.

Mereka terdiri dari enam polda, yakni Polda Riau, Kalimantan Tengah (Kalteng), Kalimantan Barat (Kalbar), Kalimantan Selatan (Kalsel), Sumatera Selatan (Sumsel) dan Jambi. "Polri masih fokus dalam hal penyelesaian pemberkasan," imbuh Dedi.

Ads
Selain itu, kata Dedi, polisi juga telah menetapkan empat korporasi atau perusahaan yang bertanggung atas berbagai kebakaran tersebut.

"Nanti saya update lagi apakah ada tersangka secara personal yang bertanggung jawab di korporasi tersebut," ujarnya.

Sebelumnya, kebakaran hutan di wilayah Riau terus memburuk. Kabut asap kiriman dari Siak, Pelalawan, Indragiri Hilir serta daerah lainnya terus berdatangan dibawa tiupan angin ke ibu kota Provinsi Riau.

Pada Selasa pagi, 10 September 2019, jarak pandang bahkan berkisar antara 800 meter hingga 1 kilometer saja. Hidung-pun dipaksa mencium partikel debu hasil kebakaran lahan dan terkadang membuat sesak dada.

Masker atau alat penutup hidung lainnya harus dibawa ke mana-mana ketika beraktivitas di luar. Namun, kedua mata tetap saja perih ketika diterpa partikel halus dari kabut asap yang menyelimuti hampir setiap sisi Kota Pekanbaru.

Berdasarkan pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru, kondisi serupa juga terjadi di Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu. Jarak pandang di sana juga 800 meter karena kabut asap.

”Kabupaten Pelalawan juga diselimuti kabut asap, jarak pandang 1,5 kilometer. Begitu juga dengan Kota Dumai, jarak pandang 3 kilometer karena asap," pungkas Kasi Data dan Informasi BMKG Pekanbaru, Marzuki, Selasa (10/9/2019). ***

Berita ini telah tayang di merdeka.com dengan judul "Polri Sebut Riau dan Jambi Dominasi Sumbang Karhutla"

Editor:
Akham Sophian

       
        Loading...    
           
Kategori : Lingkungan, Riau
       
        Loading...    
           
wwwwww