PotretNews.com Kamis 17 Oktober 2019

Versi Walhi, Sudah 47 Ribu Warga Riau Kena ISPA akibat Kabut Asap

Versi Walhi, Sudah 47 Ribu Warga Riau Kena ISPA akibat Kabut Asap

Ilustrasi. (BISNIS.com)

Kamis, 12 September 2019 10:23 WIB

JAKARTA, POTRETNEWS.com - Direktur Eksekutif Daerah Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Riau, Riko Kurniawan mengatakan jutaan warga Riau hirup udara kotor. Bahkan, ia menyebut 47.000 orang terpapar ISPA.

”Berdasarkan laporan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Riau, sebanyak 47.000 terpapar ISPA. Angka tersebut hanya untuk yang melapor dan yang tidak melapor, jutaan orang menghirup udara kotor setiap hari," ucap Riko dalam konferensi pers di kantor Walhi, Jakarta Selatan, Rabu (11/9/2019).

Bahkan, katanya akibat udara kotor dari asap kebakaran hutan dan lahan (karhutla), jarak pandang di Riau hanya 800 meter saja. Menurutnya, ini adalah pembuktian bahwa pemerintah gagal lakukan pemulihan di gambut.

"Di Riau, lahan gambut menjadi wilayah yang paling besar terjadi kebakaran dan sampai saat ini pemulihan belum maksimal. Ini menandakan pemerintah sangat gagal dan tidak ada kepedulian terhadap korban ISPA khususnya anak-anak," katanya.

Menurut Riko, perlu ada evaluasi agenda pemulihan. "Perlu pembedahan dari kinerja bawahan yang seyogyanya melakukan pantauan pemulihan di lahan gambut terbakar," ucapnya. ***

Berita ini telah tayang di gatra.com dengan judul "Soal Asap, WALHI: 47 Ribu Warga Riau Kena ISPA"

Ads
Editor:
Akham Sophian

       
        Loading...    
           
Kategori : Lingkungan, Riau
       
        Loading...    
           
wwwwww