Home > Berita > Siak

Tiga Titik Kebakaran Lahan di Siak Tak Terpantau Satelit

Tiga Titik Kebakaran Lahan di Siak Tak Terpantau Satelit

Petugas memadamkan api kebakaran lahan sawit di Dayun. (ISTIMEWA)

Rabu, 11 September 2019 20:49 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kembali terjadi di daerah Kabupaten Siak, Riau. Ada tiga titik yang dipadamkan mulai pagi hingga sore hari tadi, namun tak terpantau Satelit Terra/Aqua (hotspot) BMKG. "Pagi tadi dua titik kebakaran lahan. Barusan (sore) ini terjadi lagi kebakaran lahan. Namun hospot karhutla di Siak tidak terpantau satelit. Karena cepat dipadamkan," kata Kepala Bidang Damkar BPBD Siak Irwan Pryatna saat dikonfirmasi potretnews.com, Rabu (11/9/2019).

Tiga titik kebakaran lahan itu yakni di km 5 jalan lama Dayun-Siak seluas 1 hektar, di jalan raya km 7 Kecamatan Tualang seluas 1/2 hektar dan di Kampung Sungaibarbari Kecamatan Pusako. "Di Dayun, lahan sawit warga yang terbakar. Sementara di Tualang dan Sungaibarbari semak belukar dan semua sudah dipadamkan," ujarnya.

Siak Diselimuti Kabut Asap Kiriman dari Kabupaten Lain
Kabupaten Siak hingga saat ini masih diselimuti kabut asap yang diduga asap kiriman akibat kebakaran hutan dan lahan di kabupaten yang berdekatan dengan Kabupaten Siak.

"Kalau kabut asap yang melanda Siak beberapa hari terakhir karena asap kiriman. Bukan imbas karhutla yang terjadi di Siak," tukas Irwan.

Menurut dia, karhutla yang terjadi di Siak pagi hingga sore hari tadi tidak berimbas bagi kabut asap pekat di Siak. ”Tak berpengaruh. Sebab cepat kita padamkan. Kabut asap pekat di Siak kiriman dari daerah lain. Bukan akibat karhutla yang terjadi di sini," pungkas Irwan. ***

Kategori : Siak, Lingkungan
wwwwww