PotretNews.com Kamis 17 Oktober 2019

Kabut Asap Kiriman dari Riau Ganggu Penerbangan di Aceh

Kabut Asap Kiriman dari Riau Ganggu Penerbangan di Aceh

Kabut asap cukup pekat di jalan lintas Riau-Sumbar, tepatnya di jalur dua perbatasan Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar, Ahad (18/8/2019) siang. (KOMPAS.com)

Minggu, 08 September 2019 13:47 WIB
ACEH UTARA, POTRETNEWS.com - Kabut asap kiriman dari Provinsi Riau, menyelimuti sejumlah daerah di Provinsi Aceh seperti Kota Lhokseumawe dan Kabupaten Aceh Utara, Ahad (8/9/2019).Badan Metreologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) Kantor Bandara Malikussaleh, Aceh Utara, menyatakan, dampak dari kabut asap itu berpengaruh ke jarak pandang dan dapat menganggu penerbangan.

Prakirawan BMKG Kantor Bandara Malikussaleh, Winda Retha Taranita, menyebutkan, jarak pandang mendatar saat ini di Lhokseumawe sekitar 4.000 meter dan jarak pandang ke atas sekitar 700 meter.

”Untuk kegiatan penerbangan cukup mengganggu mengingat jarak pandang horizontal dan vertikal yang cukup pendek. Kami sudah sampaikan kondisi itu ke pengelola bandara dan maskapai, keputusan terbang atau tidak pesawat tentu berada di tangan masing-masing maskapai,” sebut Winda, Ahad.

Ads
Dia menyebutkan, di Aceh hari ini tidak terpantau titik panas. Sehingga, dipastikan, kebakaran lahan di Riau menjadi penyebab kabut asap yang menyelimuti daerah itu.

Untuk masyarakat, sambung Winda, BMKG mengimbau berhati-hati dalam berkendaraan, seiring potensi menurunnya jarak pandang. ”Kami menganjurkan untuk menggunakan masker ketika melaksanakan aktivitas di luar ruangan, serta banyak minum air saat beraktivitas di luar rumah untuk menjaga kesehatan,” ujar dia. ***

Berita ini telah tayang di kompas.com dengan judul "BMKG: Kabut Asap yang Landa Aceh Ganggu Penerbangan"

Editor:
Akham Sophian

       
        Loading...    
           
Kategori : Lingkungan, Riau
       
        Loading...    
           
wwwwww