Home > Berita > Riau

Pelajar di Siak Antusias Ikut BMX Local Competition 2019

Pelajar di Siak Antusias Ikut BMX <i>Local Competition</i> 2019

Bupati Alfedri mengibaskan bendara tanda lepas pembalap BMX.

Sabtu, 31 Agustus 2019 23:42 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com  - Ikatan Sport Sepeda lndonesia (ISSI) Kabupaten Siak menggelar BMX Local Competition 2019. Acara itu dibuka langsung Bupati Siak Alfedri di Venue BMX setempat, Sabtu (31/8/2019). Pertandingan yang dikhususkan bagi pelajar di Kabupaten Siak ini diikuti 231 orang. Ketua ISSI Kabupaten Siak Roni Rakhmat mengatakan, ajang ini baru digelar perdana di Siak, dengan tujuan untuk mencari bibit-bibit terbaik daerah dalam bidang olahraga sepeda, khususnya BMX.

Ada 8 kategori yang diperlombakan dalam ajang ini, mulai dari kelas pemula yang berumur 7 sampai 12 tahun dengan kategori pemula putra dan putri, Youth putra dan putri, Junior putra dan putri, dan yang terakhir elite putra.

"Teknisnya, setiap lomba akan diikuti 4 peserta, dan akan diambil 2 pemenang untuk putaran selanjutnya," kata pria yang juga menjabat Kabag Umum Sekdakab Siak tersebut.

Roni menjelaskan, untuk kategori pemula yang berumur 7-12 tahun putra, diikuti 135 peserta dan putri 13 peserta. Sementara kategori Youth (13-15 tahun) putra 48 dan 7 putri. Untuk kategori Junior (16-18 tahun) putra 11 peserta dan putri 8 peserta.

"Untuk kelas Elit, (diatas 19 tahun) putra ada 9 peserta sementara untuk putri tidak ada yang mendaftar. Jadi perlombaan ini digelar hanya 7 kategori saja," kata Roni.

Roni mengatakan, acara ini digelar selama dua hari, 31 Agustus -1 September 2019. Untuk hari pertama, pembalap akan berlomba memperebutkan tiket hingga semifinal dan untuk esok akan digelar partai final. "Jadi hanya dua hari. Pertandingan ini diikuti 231 peserta, yang berasal dari tingkat pelajar se-Kabupaten Siak," kata Roni.

Bupati Siak Alfedri yang membuka langsung acara tersebut mengapresiasi ISSI Siak yang telah melaksanakan BMX Local Competition 2019.

"Pertandingan BMX ini sangat bermanfaat, agar kedepannya tercipta atlit Siak yang akan berlaga ditingkat profesional. Oleh karena itu, semoga pertandingan ini bisa kita laksanakan setiap tahunnya", kata Alfedri.

Alfedri juga bangga melihat antusias para pelajar di Siak yang mengikuti BMX Local Competition ini. "Saya senang mendengar informasi dari ketua panitia, ada 231 peserta dan semuanya pelajar Siak. Ini membuktikan bahwa minat anak Siak untuk olahraga BMX ini sangat tinggi," ucapnya.

Alfedri juga menginginkan kedepannya, perlombaan ini tidak hanya digelar untuk pebalap lokal saja. Melainkan bisa digelar perlombaan tingkat nasional maupun internasional.

"Dulu kita pernah menggelar perlombaan BMX tingkat internasional, kita berharap perlombaan seperti dulu bisa digelar lagi, Kalau terkait venue. Venue BMX Siak ini merupakan venue yang terbaik di Indonesia," kata Alfedri.

Alfedri mengatakan, tujuan Pemkab Siak menggelar perlombaan-lombaan di Kabupaten Siak, sebagai bentuk promosi daerah, agar wisatawan baik dari dalam negeri maupun manca negara datang berkunjung ke sini.

"Ini juga bagian dari bentuk promosi daerah agar wisatawan datang ke Siak," terangnya. ***

Kategori : Riau, Siak, Sport
wwwwww