35 Anggota DPRD Pelalawan Terpilih Periode 2019-2024 Resmi Dilantik di Gedung Daerah Laksamana Mangkudiraja

Kamis, 29 Agustus 2019 09:40 WIB
35-anggota-dprd-pelalawan-terpilih-periode-20192024-resmi-dilantik-di-gedung-daerah-laksamanaKetua Pengadilan Negeri (PN) Pelalawan, Nelson Angkat mengambil sumpah dan janji 35 Anggota DPRD Pelalawan Terpilih Periode 2019-2024.

PANGKALANKERINCI, POTRETNEWS.com - Sebanyak 35 Anggota DPRD Kabupaten Pelalawan terpilih Periode 2019-2024 hasil pemilihan legislatif 17 April lalu resmi dilantik dan diambil sumpah, Senin (27/8/2019) di Gedung Daerah Laksamana Mangkudiraja, Pangkalankerinci.

Acara pelantikan serta pengambilan sumpah dan janji anggota dewan untuk lima tahun ke depan dilakukan Ketua Pengadilan Negeri (PN) Pelalawan, Nelson Angkat.

Pelantikan turut disaksikan Bupati Pelalawan HM Harris. Terlihat juga hadir forum koordinasi pimpinan daerah (FKPD), pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), keluarga, dan simpatisan para anggota dewan terpilih. Menariknya, para wakil rakyat di Negeri Seiya Sekata itu didominasi oleh wajah-wajah baru. tercatat 20 orang merupakan pendatang baru dan sisanya wajah lama.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/03092019/potretnewscom_yqls8_1673.jpg

Pimpinan Sementara DPRD Pelalawan 2019-2024 Adi Sukemi menandatangani berita acara pelantikan.

Satu per satu nama-nama Anggota DPRD Pelalawan dibaca Sekretaris Dewan (Sekwan) Tengku Ridwan Mustafa. Usai pengambilan sumpah janji, dilakukan penandatanganan berita acara dan dilanjutkan dengan penyematan pin dan penyerahan SK pelantikan.

Usai pelantikan, disepakati Pimpinan Sementara DPRD Kabupaten Pelalawan dipegang oleh Adi Sukemi dari Partai Golkar dan Syafrizal SE dari PDI Perjuangan. Perincian perolehan kursi DPRD Kabupaten Pelalawan periode 2019-2024 adalah; Golkar 9 kursi, PDIP 5 kursi, PAN 4 kursi, Gerindra 4 kursi, PKB 3 kursi, PPP 3 kursi, Hanura 2 kursi, Demokrat 2 kursi, dan dan PKS 2 kursi.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/04092019/potretnewscom_kbc2e_1676.jpgPimpinan Sementara DPRD Pelalawan 2019-2024 Adi Sukemi menerima SK dari Ketua Pengadilan Negeri (PN) Pelalawan, Nelson Angkat.

Adi Sukemi dalam sambutannya mengatakan, dirinya sebagai pimpinan sementara dan mewakili seluruh anggota dewan yang baru dilantik mengucapkan terima kasih kepada anggota dewan periode 2014-2019.

”Atas segala perhatiannya selama ini, telah menyelesaikan tugas dan fungsi legislasi, fungsi anggaran, dan fungsi pengawasan dalam penyelenggaraan pemerintah. Sehingga dalam melaksanakan amanahnya telah mengantarkan iklim kondusif, membangun hubungan harmonis antara eksekutif dan legislatif serta aspiratif dalam mendukung keinginan masyarakat dalam membangun daerah sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Pelalawan,” paparnya.

Masih dari meja pimpinan dia mengatakan, tugas-tugas dewan lama yang masih tertunda meskipun sebagian tidak duduk lagi bersama masih diharapkan buah pikir dalam memajukan Kabupaten Pelalawan.

”Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada dewan terhormat yang telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk memimpin rapat paripurna hari ini hingga selesai. Merupakan suatu kehormatan bagi kami untuk menjadi Pimpinan Sementara DPRD Kabupaten Pelalawan,” ucapnya.

Dirinya yakin anggota dewan yang baru akan bekerja dengan tulus dan ikhlas serta bijak dalam menyikapi aspirasi masyarakat yang agamis dan beradab.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/03092019/potretnewscom_7u3cd_1674.jpgSerah terima palu sidang dari Ketua DPRD Pelalawan Periode 2014-2019 Nasarudin (kanan) kepada Pimpinan Sementara DPRD Pelalawan 2019-2024 Adi Sukemi.

”Kepada anggota dewan yang baru saja dilantik untuk selalu dapat bekerja sama, saling bahu-membahu antara satu dengan lain dalam membangun Kabupaten Pelalawan yang kita cintai ini, bersatu kita teguh bercerai kita runtuh, demikian pula pihak eksekutif dan tokoh masyarakat. Khususnya kepada anggota dewan kami sampaikan apabila dalam melaksanakan tugas ada salah langkah dan salah kata mohon kiranya kita saling mengingatkan untuk kebaikan,” pesan Adi Sukemi.

Usai dilakukan pelantikan dan rapat paripurna perdana, digelar acara pemberian ucapan selamat. Satu demi satu para tamu undangan memberikan ucapan selamat kepada 35 Anggota DPRD Kabupaten Pelalawan.

Sementara itu, Gubernur Riau dalam sambutannya yang dibacakan Bupati Pelalawan HM Harris berpesan, sebagai anggota dewan hendaknya dapat mengemban amanah secara jujur adil serta penuh integritas.

”Pileg sudah dilalui. Betapa rumitnya pemilu serentak ini dengan meninggalkan banyak catatan dalam prosesnya. Namun secara keseluruhan pemilu dapat dilalui dengan baik sehingga sampailah pada tahap pelantikan anggota DPRD kabupaten Pelalawan hari ini,” katanya.

Catatan-catatan tersebut diharapkan bisa menjadi bahan evaluasi dalam membangun demokrasi dan dalam berbangsa dan bernegara yang lebih baik di masa akan datang.

”Pemilu sebagai proses penegakan kedaulatan rakyat, karena rakyat telah mempercayakan suaranya. Tidak hanya untuk diwakili, tetapi juga untuk diperjuangkan aspirasinya dan ini tugas mulia karena sejak saat ini mengemban tanggung jawab besar dimulai dan suatu saat nanti kita semua akan dimintai pertanggungjawaban atas yang telah diamanahkan,” tandasnya.

Anggota DPRD Kabupaten Pelalawan sebagai lembaga legislatif diharapkan dapat menjalankan fungsinya sebagai legislasi anggaran dan pengawasan dengan tetap berkoordinasi dengan pemerintah daerah (pemda).

”Karena satu sisi DPRD adalah bagian dari pemerintahan daerah, sementara di sisi lain DPRD juga harus mengawasi jalannya pemerintahan daerah. Namun saya tetap mengharapkan terjadinya proses saling pengertian dan kerjasama antara kedua belah pihak dengan tujuan sama dalam rangka mensejahterakan kehidupan masyarakat Kabupaten Pelalawan dan mewujudkan visi Kabupaten Pelalawan yaitu terwujudnya Kabupaten Pelalawan yang sejahtera mandiri inovatif dan berdaya saing global secara berkelanjutan yang beriman bertakwa dengan mengembangkan nilai budaya Melayu tahun 2025,” paparnya.

Menurut Harris, dengan dilantiknya Anggota DPRD Kabupaten Pelalawan ada berapa poin penting dan perlu disampaikan agar menjadi fokus perhatian para wakil rakyat.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/03092019/potretnewscom_9nse5_1675.jpgPimpinan Sementara DPRD Pelalawan 2019-2024 Adi Sukemi memimpin rapat perdana yang turut dihadiri Bupati Pelalawan HM Harris.

”Pertama melindungi dan memperjuangkan kepentingan rakyat melalui fungsi legislasi DPRD. Karena itu kita perlu memaksimalkan waktu untuk bertanya dan berdialog dengan rakyat baik melalui jaringan aspirasi maupun saat reses. Proses komunikasi bisa dilakukan tidak hanya melalui media konvensional tapi juga melalui pemanfaatan teknologi informasi seperti media sosial maupun media massa,” ucapnya.

Dikatakan lebih lanjut, fungsi budgeting atau penyusunan anggaran agar sebesar-besarnya untuk kepentingan rakyat dan sudah bukan masanya lagi proses penyusunan dilaksanakan secara tertutup tidak partisipatif dan mati.

”Apalagi perilaku koruptif untuk hal ini saya percaya bahwa Bapak adalah orang-orang yang terpilih dan punya integritas tinggi sesuai dengan sumpah jabatan yang tadi diucapkan terkait dengan fungsi pengawasan Anggota DPRD. Mari kita laksanakan dengan efektif dan objektif yang dijalankan dengan niat yang tulus dan sepenuh hati demi berlangsungnya proses kontrol yang seimbang terhadap pelaksanaan tugas eksekutif dalam menjalankan manajemen pemerintahan dan pembangunan di daerah,” ujar Haris.

Pada kesempatan itu, Harris mengajak semua unsur dan komponen serta masyarakat di Kabupaten Pelalawan untuk mendukung kinerja yang dilakukan oleh Anggota DPRD yaang baru dilantik.

”Tentunya dengan senantiasa membangun kebersamaan persaudaraan dan persatuan serta sama-sama berusaha menciptakan kondisi dan suasana yang kondusif di daerah Kabupaten Pelalawan ini. Apabila semua itu dapat diwujudkan semua agenda yang menjadi prioritas pembangunan di Kabupaten Pelalawan saat ini dan ke depan maka dapat terlaksana dengan baik dan sukses,” pungkasnya.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/04092019/potretnewscom_zsxhy_1677.jpgSebagian Anggota DPRD Pelalawan Periode 2019-2024 foto bersama.

Adapun nama-nama 35 Anggota DPRD Pelalawan Periode 2019-2024 yang dilantik, yakni;

Dapil 1
Burhan Manjo - Golkar
Syafrizal SE - PDIP
Junaidi Purba ST- PPP
Abdullah SPd - PKS
Faisal SE MSi- PAN
Andri Fransiscus S SE - Gerindra
Monang Pasaribu S Sos MSI-Demokrat

Dapil 2
Said Mashudi - Golkar
Indra Kampe SE M IKom- Gerindra
Evi Zulvian SH - Demokrat
Nazaruddin Arnaz SIP- PAN
Muswardi SP- PKB
Yose Indrawan ST - PPP
Salehudin Amd IP- PKS
Nazaruddin US SH - Golkar
Musri Evendi - PDIP

Dapil 3
Imustiar S Sos- Golkar
Sunardi SH - Golkar
Suwandi ST - PKB
Parji - PDIP
Sudirman - PAN
Yusri- Gerindra

Dapil 4
Baharudin SH - Golkar
H Abdul Abd Muzakir - Golkar
Carles S Sos - PDIP
Abdul Nasib SE - Gerindra
Rudianto Sihombing - Demokrat
Yuliasa Gulo SH - Hanura
H Anton Sugianto SUd - PAN
Rahman Wijayanto SI - PKB

Dapil 5
Adi Sukemi ST MM - Golkar
Sozifao Hia MSi -PDIP
Sukardi SH PAN
Robinhot Saragih - Hanura
Afrizal - Golkar. ***

wwwwww