PotretNews.com Kamis 17 Oktober 2019
Home > Berita > Riau

Riau Membara, Siak Sumbang Titik Panas Terbanyak

Riau Membara, Siak Sumbang Titik Panas Terbanyak

Petugas tengah memadamkan api kebakaran lahan di Siak.

Sabtu, 10 Agustus 2019 17:01 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com  - Tim Manggala Agni Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melakukan pemadaman di sejumlah tempat di Kabupaten Siak, Riau. Terdeteksi 24 titik panas (hotspot) di Siak sehingga menjadi yang terbanyak di Provinsi Riau."Kita baru turunkan regu pemadam kebakaran pada titik baru di Rantaupanjang, Kecamatan Kotogasib. Sementara di Kilometer 4 Kecamatan Dayun, hingga saat ini masih dilakukan pemadaman," kata Komandan Regu Manggala Agni di Siak, Abd Salam, Sabtu (10/8/2019).

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Sabtu menyatakan pantuan satelit terra aqua pada 06.00 WIB menunjukkan ada 71 titik panas di Riau yang jadi indikasi awal karhutla. Sementara daerah yang paling banyak menyumbang titik panas adalah Kabupaten Siak, 24 titik.

Dari jumlah tersebut ada 51 yang terindikasi titik api, lokasi paling banyak juga masih di Kabupaten Siak dengan 22 titik. Abd Salam mengatakan kebakaran di Siak bisa saja satu lokasi dan terdapat lima sampai enam titik api.

Ads
Selain di Rantau Panjang dan KM 4 Dayun, lokasi kebakaran juga masih terdapat di Kampung Serigemilang, Kecamatan Kotogasib. Selanjutnya juga ada di Kampung Rawang Airputih, Kecamatan Siak. Lokasi lainnya juga ada di Kecamatan Mempura tapi sudah tidak banyak lagi. Begitu juga di dekat Cagar Biosfer Giam Siak Kecil.

Sebelumnya, Bupati Siak Alfedri juga mengatakan beberapa hari ini lahan yang terbakar di Siak sudah mencapai 110 hektar yang tersebar di lima kampung. Bahkan ia sudah meminta kepada Sinas Kesehatan untuk membagikan masker kepada masyarakat.

Terkait kualitas udara, Alfedri belum bisa memastikan karena rusaknya alat pengukur Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) di Siak. Namun, dari informasi yang berhasil dirangkum, kualitas udara di Kecamatan Minas Kabupaten Siak saat ini sudah masuk katagori tidak baik. ***

       
        Loading...    
           
Kategori : Riau, Siak, Umum, Peristiwa
       
        Loading...    
           
wwwwww