Karhutla Riau Terus Meluas, Total Lahan Terbakar Mencapai 4.740 Hektar

Karhutla Riau Terus Meluas, Total Lahan Terbakar Mencapai 4.740 Hektar

Kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau. (ILUSTRASI/SUARA.com)

Jum'at, 09 Agustus 2019 11:17 WIB

KAMPAR, POTRETNEWS.com - Kebakaran hutan dan lahan semakin meluas, terbanyak di Desa Rimbopanjang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar.

Selain itu, kebakaran lahan juga terjadi di Bengkalis, Rokan Hilir dan Siak.

”Empat kabupaten masih terjadi kebakaran lahan, sehingga luas lahan yang terbakar sejak awal Januari 2019 hingga hari ini mencapai 4.740 hektar," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Riau Edwar Sanger, Jumat (9/8/2019).

Edwar menjelaskan, sejumlah lahan yang baru terjadi pada Kamis (8/8/2019) kemarin kebakaran itu terbanyak di Desa Rimbopanjang Kabupaten Kampar. Yaitu meliputi, Jalan Perwira, Desa Rimbo Panjang, seluas 0,5 hektar (ha), Jalan Akasia, seluas 0,5 ha, Jalan Marwah juga 0,5 ha. Serta i Jalan Perumahan Marwah 0,5 ha.

Selain di sana, lahan yang terbakar lainnya di Kabupaten Kampar terjadi di Jalan Bendungan, Desa Kuala Nenas seluas 0,5 ha, di Lapangan Tembak 132 Bima Sakti, Desa Salo, Kecamatan Siak Hulu, seluas 1,5 ha.

”Serta bertambahnya lahan terbakar di Desa Buluh Nipis yang berbatasan dengan Desa Pangkalan Baru, Siak Hulu 7 ha. Di Jalan Uka Desa Karya Indah Kecamatan Tapung, Kampar seluas 0,5 ha,” jelas Edwar.

Selain itu, kebakaran lahan juga terjadi di Jalan Bunga Tanjung Kelurahan Ratusima, Kota Dumai seluas 2 ha, namun api sudah dipadamkan petugas kepolisian dengan cepat. Jalan M Yusuf Kelurahan Telukmakmur Kota Dumai seluas 1 ha, api juga sudah padam.

Sementara di Jalan Air Hitam Kelurahan Bandarraya, Kota Pekanbaru meluas 2 ha, api belum berhasil dijinakkan.

Untuk di Kabupaten Siak, kebakaran masih terus terjadi sejak beberapa hari lalu hingga saat ini. Yaitu di Kampung Benayah Kecamatan Pusako, seluas 1 ha. Kampung Buantanbesar Kecamatan Siak seluas 10 ha. Kebakaran di Siak membuat kabut asap berhembus hingga ke Pekanbaru.

Sedangkan di Kabupaten Bengkalis lahan terbakar semakin meluas di Desa Pasiran Kecamatan Bantan hingga 2 ha. Jalan Belakang Tenggi Hitam, Desa Buluhmanis, juga meluas 3 ha.

Sementara di Indragiri Hulu, kebakaran lahan terjadi di Desa Pulau seluas 8 ha. Di Parit Bungapadi Desa Pengalehan Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir seluas 10 ha.

Untuk di Kabupaten Rokan Hilir, kebakaran lahan masih terjadi, yaitu di Bagancempedak Kecamatan Rantonkopar seluas 2 ha. Di Dusun Sukarukun Kepenghuluan Bukitdamar Kecamatan Simpangkanan seluas 2 ha.

”Rekapitulasi luasan lahan terbakar sejak awal Januari 2019 di masing-masing kabupaten yaitu, Rokan Hulu 2,25 ha. Rokan Hilir 981,95 ha. Dumai 307,75 ha, serta paling luas dan terparah di Bengkalis mencapai 1.524 ha. Kepulauan Meranti 252,7 ha, Siak 602,4 ha, Pekanbaru 93,71 ha, Kampar 129,28 ha. Pelalawan 201 ha, Indragiri Hulu 114 ha, Indragiri Hilir 525,85 ha, serta Kuansing 5,1 ha," tandasnya. ***

Berita ini telah tayang di merdeka.com dengan judul "Kebakaran di Kampar Meluas, Total Jadi 4.740 Hektar Lahan Ludes"

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Lingkungan, Riau
wwwwww