PotretNews.com Sabtu 19 Oktober 2019

Berusia 80 Tahun, James Pasaribu atau ”Opung Legend” Anggota DPRD Tertua di Riau yang Sudah Jadi Wakil Rakyat 6 Periode

Berusia 80 Tahun, James Pasaribu atau ”Opung Legend” Anggota DPRD Tertua di Riau yang Sudah Jadi Wakil Rakyat 6 Periode

James Pasaribu. (INTERNET)

Kamis, 01 Agustus 2019 19:37 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Kisah James Pasaribu yang akrab dipanggil Opung Legend, wakil rakyat tertua di Riau, enam periode duduk jadi anggota DPRD, kini usianya 80 tahun.

Meskipun sudah tua ternyata tidak menjadi penghalang bagi Opung Legend gelar yang diberi sebagian orang di DPRD Riau terhadap James Pasaribu.

Usianya saat ini sudah hampir masuk 80 tahun, namun pada Pemilu 2019 James kembali terpilih menjadi wakil Rakyat untuk DPRD Riau daerah pemilihan (Dapil) Indragiri Hilir.

Bahkan James Pasaribu juga merupakan politisi yang termasuk paling lama duduk sebagai wakil rakyat. Terpilih tiga periode di DPRD Kabupaten Indragiri hilir dan saat ini juga sudah tiga periode duduk di DPRD Provinsi Riau.

Ads
Opung yang merupakan politisi dari PDI Perjuangan ini dikenal sebagai sosok yang sederhana dan peduli dengan masyarakat atau konstituennya, sehingga ia begitu dicintai masyarakat.

"Dia sudah tidak mau maju cuma masyarakat (konstituennya) tetap ingin dia maju, dan terpilih juga," ujar Ketua Badan Pemenangan Pemilu PDI Perjuangan Riau Syafrudin Poti kepada tribunpekanbaru.com.

Karena faktor usianya yang sudah tua, ditambah lagi saat ini menurut informasi yang dihimpun tribunpekanbaru.com, ia menderita penyakit gula di kaki, selama kampanye lalu Opung tidak pernah turun ke masyarakat.

Opung hanya memelihara konstituennya dengan membantu sejak terpilih jadi wakil rakyat hingga sudah enam periode sampai sekarang ini. "Paling yang membuat dia tetap bertahan, resesnya ke masyarakat betul-betul membantu masyarakat," ujar Poti.

Ada pemandangan yang selalu membuat orang kagum dengan sosok Opung ini, kehadirannya pada sidang dan rapat di DPRD Riau cukup baik, meskipun tidak banyak bicara lagi.

Apalagi jalannya juga sudah terlihat sulit karena sakit di bagian kakinya, dan selalu terpasang alat bantu pendengaran di telinganya namun tetap semangat. Biasanya Opung Legend akan mengeluarkan suara kerasnya jika yang dibahas soal kelapa untuk kepentingan masyarakat Indragiri Hilir.

Awal pekan lalu saat KPK mengumpulkan Anggota DPRD, Opung James Pasaribu juga masih kuat untuk hadir mendengarkan arahan dari lembaga anti rasuah tersebut. Ada cerita menarik lagi dari Opung Legend ini saat Pemilu 2019 lalu ternyata ia tidak memantau suaranya dan tidak tahu apakah terpilih atau tidak.

Bahkan Opung juga sempat menelpon menanyakan kepada Ketua DPD PDI Perjuangan Riau Zukri Misran yang saat itu menjabat sebagai Ketua Bappilu. "Dia (Opung) nelpon menanyakan perolehan suaranya ke kami, jadi dia tidak tahu jumlah suaranya berapa," ujar Zukri Misran bercerita.

Namun Zukri Misran mengaku semangat dan dedikasi yang ada pada James Pasaribu patut dihargai, karena Opung menjadi wakil rakyat betul-betul perjuangkan rakyat sehingga bisa terus dipercayai masyarakat. "Kita salut dengan beliau yang betul-betul memperjuangkan rakyatnya," ujar Zukri.

Bahkan cerita unik lagi di DPRD Riau dari keterangan anggota dewan lainnya dan pegawai di sekretariat dewan, Opung James Pasaribu tidak punya banyak uang, karena gajinya sebagian besarnya untuk berobat dan berbagi dengan masyarakat.

Pernah kejadian di gedung dewan tersebut ada masyarakat yang menemui untuk meminta uang, dengan tenang James Pasaribu membuka sepatunya memperlihatkan kalau kakinya sakit.

”Jadi heran kok buka sepatu, ternyata memperlihatkan kakinya sakit dan memberitahu kalau dia tidak punya uang," ujar seorang warga yang sering duduk di gedung dewan meminta namanya tidak disebutkan saat bercerita.

Wartawan dan awak media di Gedung DPRD tersebut sulit untuk mewawancarai Opung, karena secara komunikasi juga sudah terbatas, apalagi sudah menggunakan alat bantu pendengaran. Tribunpekanbaru.com beberapa kali mengupayakan komunikasi langsung dengan Opung Legend ini.

Namun upaya itu tidak berhasil, terakhirnya pada Senin (29/7) lalu, usai Solat Asar di mushalla ruangan komisi. Saat ditemui dan diperkenalkan diri, Opung terus berlalu seperti tidak menghiraukan. ***

Berita ini telah tayang di tribunnews.com dengan judul "KISAH Opung Legend Wakil Rakyat Tertua di Riau Enam Periode Duduk Jadi Anggota DPRD Usianya 80 Tahun"

Editor:
Akham Sophian

       
        Loading...    
           
Kategori : Politik, Inhil
       
        Loading...    
           
wwwwww