Kian Meluas, Sudah Tiga Pekan Kebakaran Hutan dan Lahan di Rokan Hilir Belum Padam

Kian Meluas, Sudah Tiga Pekan Kebakaran Hutan dan Lahan di Rokan Hilir Belum Padam

Gambar hanya ilustrasi. (INTERNET)

Kamis, 18 Juli 2019 12:36 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Tim gabungan terus melakukan upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan di berbagai wilayah di Riau. Salah satu daerah yang sulit dipadamkan adalah Desa Lenggadai Hilir, Kecamatan Rimbamelintang, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil).

Kebakaran di wilayah pesisir Riau hingga saat ini sudah memasuki pekan ketiga. Namun, sejauh ini si jago belum berhasil dijinakkan. Kebakaran pun semakin meluas.

”Kebakaran hutan dan lahan di Desa Lenggadai Hilir sudah memasuki hari ke 21. Total luas areal yang terbakar saat ini 20 hektare dari sebelumnya 10 hektare," kata Wakil Komandan Satgas Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan Riau, Edwar Sanger (17/7/2019).

Untuk pemadaman di Lenggadai Hilir, sebanyak 30 personel dari TNI, Polri, BPBD, Mangala Aqni terus mengupayakan pemadaman. Selain di Desa Lenggadai Hilir, kebakaran juga terjadi di Kepenghuluan Teluk Bano II, Kecamatan Pekatian, Rohil. Di sana kebakaran sudah terjadi selama empat hari. Alat berat juga dikerahkan untuk membantu pemadaman.

Selain itu, tim lain juga melakukan operasi pemadaman di Dusun II Pangkal Durian, Deda Darul Aman, Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis. Areal kebakaran terjadi di lahan kosong semak belukar dan kebakaran meluas ke sebagian perkebunan sawit. Saat ini tim pemadam masih dalam upaya pemadaman dan membutuhkan helikopter untuk melakukan operasi bom air (water bombing).

Operasi pemadaman juga dilakukan di Desa Rindan Permai, Kecamatan Bangkinang. Tim juga melakukan pemadaman dan juga pendingin di lokasi yang sudah bisa dipadamkan.

"Dari 12 kabupaten dan kota di Riau jumlah areal yang terbakar dari Januari 2019 hingga saat ini 3.546 hektar," ujar Ketua Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger. ***

Berita ini telah tayang di okezone.com dengan judul "3 Pekan Belum Padam, Kebakaran Hutan dan Lahan di Rohil Meluas"

Editor:
Akham Sophian
Kategori : Lingkungan, Rohil
wwwwww