Home > Berita > Umum

Rumah Warga di Kelurahan Telukmakmur Dumai Nyaris Terbakar akibat Kebakaran Hutan dan Lahan yang Meluas

Rumah Warga di Kelurahan Telukmakmur Dumai Nyaris Terbakar akibat Kebakaran Hutan dan Lahan yang Meluas

Tim Manggala Agni Daops Dumai berusaha memadamkan api karhutla yang meluas hingga nyaris membakar rumah warga di Jalan Dualim I, Kelurahan Telukmakmur, Kecamatan Medangkampai, Dumai, Riau, Selasa (2/7/2019). (DOK MANGGALA VIA KOMPAS)

Selasa, 02 Juli 2019 14:39 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Satu unit rumah warga nyaris terbakar akibat kebakaran hutan dan lahan yang meluas di Jalan Dualim I, Kelurahan Telukmakmur, Kecamatan Medang Kampai, Kota Dumai, Riau, Selasa (2/7/2019) siang. Berkat kesigapan petugas Manggala Agni Daops Dumai, api dapat dipadamkan.

”Itu rumah baru dibangun. Belum ada penghuninya. Cuma tadi api ( karhutla) menjalar ke arah rumah tersebut. Berkat bantuan Manggala Agni api sudah berhasil dipadamkan," ujar Kepala Manggala Agni Daops Dumai Jusman saat dikonfirmasi, Selasa (2/7/2019).

Dari foto yang diterima media, jarak api dengan bangunan rumah lebih kurang 3 meter. Seluruh kawasan rumah sudah gelap akibat kepulan asap lahan yang terbakar di area tanah gambut.

Jusman mengatakan, lahan milik warga yang terbakar seluas sekitar satu hektar. Lahan tersebut berisi semak belukar dan sebagian sudah ditanami sawit. Menurut Jusman, kebakaran lahan di Kelurahan Telukmakmur sudah berlangsung dua hari. Beberapa kendala dihadapi petugas saat pemadaman.

”Kendala di lapangan, cuaca panas dan angin kencang di siang hari, yang menyebabkab asap semakin tebal. Untungnya sumber air tersedia di dekat lokasi. Tim saat ini masih terus berupaya mengatasi meluasnya kebakaran," kata Jusman.

Kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kota Dumai terdapat di dua titik, yakni di Kelurahan Teluk Makmur, Kecamatan Medangkampai dan Kelurahan Tanjungpalas, Kecamatan Dumai Timur. Komandan Regu I Manggala Agni Daops Dumai, Rahmat saat dihubungi mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan pencegahan agar kebakaran hutan tidak merembet ke rumah warga. Salah satunya kebakaran di Jalan Dualim I, yang mendekati perumahan warga.

”Lokasi kebakaran jaraknya sekitar 10 meter dari perumahan warga. Tapi sudah kita buat sekat bakar agar tidak meluas," demikian Rahmat. ***

Artikel ini telah tayang di kompas.com dengan judul "Kebakaran Hutan di Riau Nyaris Merembet ke Rumah Warga"

Editor:
Akham Sophian
Kategori : Umum, Dumai
wwwwww