Home > Berita > Riau

Siak Gelar Festival Gasing Taraf Internasional 12-14 Juli

Siak Gelar Festival Gasing Taraf Internasional 12-14 Juli

Turnamen gasing di Siak. (Dok.POTRETNEWS.com)

Senin, 01 Juli 2019 19:38 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com  - Pemerintah Kabupaten Siak Provinsi Riau kembali menggelar Festival Gasing Internasional. Helat itu digelar mulai 12-14 Juli 2019 di Taman Tengku Syarifah Aminah di Kelurahan Kampungdalam, Kecamatan/Kabupaten Siak. Untuk menyukseskan acara, Senin (1/7/2019) Pemkab Siak menggelar rapat yang dipimpin Asisten II Sekdakab Siak Hendrisan di Ruang Rapat Sri Indrapura di Kantor Bupati Siak.

Rapat itu juga dihadiri oleh Kepada Dinas Pariwisata Siak Fauzi Asni, Ketua FORMI Kabupaten Siak Arifin, Sekjen Pegas Effendi, Kasubag Ops Polres Siak Iptu Ahmad Dhani dan sejumlah pimpinan OPD terkait.

Hendrisan mengatakan, festival gasing ini merupakan salah satu dari sejumlah iven andalan di Kabupaten Siak. Helat itu digelar bertujuan dapat mempromosikan daerah serta menarik minat kunjungan wisatawan.

"Kita sudah berkali-kali melaksanakan kegiatan-kegiatan besar, untuk itu festival gasing ini juga merupakan rangkaian kegiatan yang harus kita sukseskan penyelenggaraannya. Dengan dukungan lintas OPD dan Forkompinda serta masyarakat, Insya Allah hajat ini dapat berjalan dengan lancar," kata Hendrisan.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Siak Fauzi Asni mengatakan, Festival Gasing ini akan diikuti lebih kurang 20 tim. Mereka memperebutkan gelar juara dalam dua kategori yang diperlombakan, diantaranya kategori perlombaan Gasing Jantung dengan berat maksimal 600 gram dan kategori Gasing Berembang dengan berat maksimal 800 gram.

"Pesertanya ada dari Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam. Sementara dari dalam negeri akan diikuti tim utusan dari Kabupaten Sambas, Kutai, Tanjung Balai Karimun, Kota Batam dan Tanjung Pinang," kata dia.

"Kalau tim dari Riau ada dari Inhu, Inhil, Bengkalis, Pekanbaru dan Pelalawan. Sementara Siak sendiri mengutus beberapa tim, seperti tim dari Kecamatan Siak, Pusako, Kotogasib dan Lubukdalam,” kata Fauzi.

Fauzi mengatakan, pihaknya juga sudah mengirimkan formulir administrasi ke setiap tim. "Tinggal nunggu pengembalian formulir itu. Sisanya sedang dipersiapkan, mulai dari izin pelaksanaan dari Polres Siak dan lapangan pertandingan," ujar Fauzi.***

Kategori : Riau, Siak, Sport, Umum
wwwwww