Home > Berita > Riau

Dari Senayan, Komisi V DPR RI Kunjungan Kerja ke Megaproyek Technopark Pelalawan

Kamis, 27 Juni 2019 08:20 WIB
dari-senayan-komisi-v-dpr-ri-kunjungan-kerja-ke-megaproyek-itechnoparki-pelalawanBupati Pelalawan HM Harris menyampaikan sambutan menyambut kedatangan Anggota Komisi V DPR RI.
PELALAWAN, POTRETNEWS.com – Sebanyak 17 Anggota Komisi V DPR RI melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Pelalawan, Riau, Kamis (20/6/19) lalu. Para politisi Senayan ini, meninjau kawasan megaproyek kawasan techno park yang berada di Kelurahan/Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan.

Di kawasan yang sedang dicanangkan itu, rombongan para wakil rakyat pusat tersebut melakukan pertemuan hangat bersama jajaran pemerintah kabupaten (pemkab).

Sejumlah usulan pembangunan Pemkab Pelalawan, mencuat pada pertemuan ini dan menjadi serapan aspirasi komisi V untuk dibahas dengan pemerintah pusat.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Ibnu Munzir mengatakan kunjungan kerja spesifik Anggota DPR RI Komisi V yang membidangi infrastruktur dan transportasi ini sebagai langkah awal dasar dari pengajuan anggaran di DPR RI bagi pembangunan Kabupaten Pelalawan.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/07072019/potretnewscom_s9ybe_1618.jpgWakil Ketua Komisi V DPR RI Ibnu Munzir menyampaikan sambutan.

Hal ini disampaikannya, saat memberikan sambutan kunjungan kerja DPR RI di Kabupaten Pelalawan. Politisi Partai Golkar itu menguraikan pentingnya peningkatan infrastruktur dan transportasi bagi pengembangan kawasan di Indonesia dengan potensi yang cukup besar seperti saat ini di Kabupaten Pelalawan yang memiliki sektor unggulan di bidang perkebunan sawit.

Dia menyebut, dasar pengajuan anggaran di DPR RI ini sangat penting bagi pengembangan ekonomi masyarakat Kabupaten Pelalawan Propinsi Riau dan berguna bagi bangsa Indonesia secara keseluruhan di dalam pemerataan pembangunan dalam bidang infrastruktur.

Munzir yang merupakan Anggota DPR RI Dapil Sulawesi Barat mengingatkan para mitra kerja Komisi V di DPR RI untuk berkomitmen memajukan bagi kontribusi pembangunan di Kabupaten Pelalawan ke depan. Kemudian, dia berharap masih adanya jalan tanah yang ada di Kabupaten Pelalawan ini untuk meningkat menjadi jalan nasional.

Sementara itu Bupati Pelalawan HM Harris mengatakan bahwa kawasan technopark merupakan program nawacita Presiden RI Jokowidodo dan Pemerintah Republik Indonesia. Pengembangan kawasan dan wilayah yang terintegrasi perlu pembangunan di segala sektor kawasan industri dan pendidikan yang sangat potensial. Kabupaten Pelalawan dengan 7 program strategis 2 di antaranya mendukung program nasional yakni Pelalawan Eksotis dan Pelalawan Inovatif.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/07072019/potretnewscom_2qh4u_1619.jpgBupati Pelalawan HM Harris menerima cendera mata dari Wakil Ketua Komisi V DPR RI Ibnu Munzir.

Bupati Pelalawan dua periode ini juga berharap dengan kunjungan Anggota DPR RI Komisi V di Kabupaten Pelalawan bisa memberikan ouput bagi pembangunan di Pelalawan apalagi sekarang Pelalawan memiliki Sekolah Tinggi Teknologi Kelapa Sawit Indonesia (ST2KSI) yang berada di kawasan technopark Pelalawan.

Terlihat hadir pada pertemuan antara lain; Sekdakab Pelalawan Tengku Mukhlis, Forkompinda Pelalawan, pimpinan perusahaan, mitra kerja Komisi V DPR RI, para kepala OPD, camat, serta Ketua Paguyuban di Pelalawan.

Sementara itu, Kepala Bappeda Pelalawan Ir Syahrul Syarif menambahkan Technopark Pelalawan akan menjadi salah satu dari lima technopark percontohan di Indonesia.

Keberadaan techopark ini diharapkan akan mendorong inovasi dan peningkatan kesejahteraan ekonomo masyarakat sekitarnya. Kawasan technopark kata dia, memiliki lahan seluas 3.754 hektar.

Di dalam kawasan ini tuturnya, sudah berdiri dan berjalan Sekolah Tinggi Teknologi Kelapa Sawit. Sekolah tinggi ini, sebagai cikal bakal untuk menyiapkan sumber daya manusia.

Kasawan ini, imbuh Syahrul Syarif terbagi kepada tujuh zona, antara lain zona pendidikan, riset, pemukiman, industri, konservasi, komersian dan zona publik.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/07072019/potretnewscom_wd29c_1620.jpg
Bupati Pelalawan HM Harris foto bersama Anggota Komisi V DPR RI.

Sejauh ini, katanya, sudah banyak investor asing, berminat berinvestasi di kawasan technopark, salah satunya adalah investor dari Jepang yakni eBioo Technologu Holding Pte ltd, minatnya terkait investasi pengolahan alga.

Menurutnya, Group Chairman eBio Technology Holding Pte Ltd Toshihide Nakajima, limbah cair minyak sawit sangat cocok diolah menjadi alga dibandingkan nabati lain. ”Teknologi pengolahan limbah cair sawit menjadi alga mempunyai dampak ganda begi perekonomian lokal dan petani,” ujarnya. ***

wwwwww