PotretNews.com Rabu 21 Agustus 2019

100 Ribu Hektar Sawit di Riau Sudah Harus Diremajakan

100 Ribu Hektar Sawit di Riau Sudah Harus Diremajakan

Gambar hanya ilustrasi. (INTERNET)

Rabu, 08 Mei 2019 17:25 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menyatakan sekira 100.000 hektar kebun kelapa sawit di daerah itu sudah harus diremajakan atau di-replanting.Gubernur Riau Syamsuar mengatakan saat ini lebih dari 100.000 hektar kebun sawit setempat sudah patut diremajakan karena usianya sudah di atas 25 tahun.

”Hitungan kami lebih dari 100.000 hektar sudah patut diremajakan, karena usianya di atas 25 tahun. Karena itu adanya kerja sama Bank Riau Kepri dengan Jamkrida ini kami apresiasi karena bisa membantu masyarakat menanam ulang kebunnya," katanya Rabu (8/5/2019).

Pihaknya menghitung untuk meremajakan kebun sawit per hektare diperlukan dana Rp57 juta, sedangkan dana hibah dari program pemerintah pusat melalui Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) hanya senilai Rp25 juta, sisanya itulah yang dibantu perbankan.

Masyarakat pemilik kebun, menurut gubernur, memerlukan pelayanan yang yang mudah dan cepat untuk dapat segera meremajakan kebunnya.

Oleh karena itu, pihaknya meminta dua BUMD yaitu Bank Riau Kepri dan Jamkrida, dapat bersinergi membantu masyarakat pemilik kebun sawit yang akan menanam ulang kebunnya.

”Itulah harapan kami Bank Riau Kepri dan Jamkrida bisa mengambil peran, selain dukungan dana hibah BPDPKS untuk replanting ini," demikian Syamsuar. ***

Artikel ini telah tayang di bisnis.com dengan judul "100.000 Hektare Sawit di Riau Harus Diremajakan"

Editor:
Akham Sophian
Ads
Kategori : Pemerintahan, Riau
wwwwww