PotretNews.com Rabu 21 Agustus 2019
Home > Berita > Riau

Gubernur Syamsuar Buka Acara Balimau Kasai di Kampar, Wagub Edy Natar Hadiri Petang Megang di Pekanbaru

Senin, 06 Mei 2019 16:50 WIB
gubernur-syamsuar-buka-acara-ibalimau-kasaii-di-kampar-wagub-edy-natar-hadiri-ipetang-megangi-diGubernur Riau Syamsuar melakukan penyiraman limau kasai pada acara pembukaan Balimau Kasai.
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Menyambut datangnya bulan Ramadan 1440 H/2019 M, Gubernur Riau Syamsuar dan istri, Misnarni, membuka acara Balimau Kasai di pantai Langgini, Ahad (5/5/2019).”Mari kita sambut bulan Ramadan ini dengan penuh gembira, bulan yang penuh rahmat, maghfirah dan bulan bebas dari api neraka,” katanya.

Kegiatan Balimau Kasai hendaknya terus dipelihara oleh masyarakat, karena memiliki makna yang positif. Pernyataan itu disampaikan Syamsuar usai membuka acara balimau.  

Hadir pada kesempatan tersebut Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto, Sekda Drs Yusri MSi dan istri,  mantan Bupati Kampar Burhanuddin Husin MM, unsur forkopimda, camat, tokoh masyarakat dan kepala OPD di lingkungan Pemkab Kampar.

Syamsuar mengatakan Balimau Kasai ini punya makna dan arti. Pelestarian budaya yang terpelihara dan perlu dijaga. Ada beberapa hikmah yang diperoleh. Membersihkan diri dan bukan hanya badan tapi rohani kita. ”Begitu juga ajang silaturahmi antarmasyarakat. Ramadan kita sambut dengan doa dan memohon ampunan. Jangan kotori balimau kasai dengan hal-hal yang jauh dari norma adat dan norma agama,” pesan gubernur.

Kegembiraan dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadan, menurutnya, karena dulu tidak ada sabun namun menggunakan wangian-wangian. Selain itu menurut pria yang akrab disapa Syam ini, Balimau Kasai dapat dijadikan event wisata, banyak yang dapat dipromosikan dan dijual kepada wisatawan.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Riau Syamsuar melakukan penyiraman limau kasai kepada masyarakat yang diikuti oleh Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto, Sekda Kampar Yusri, mantan Bupati Kampar Burhanuddin Husin, Kapolres Kampar dan tokoh masyarakat.

Petang Megang di Pekanbaru
Prosesi Petang Megang menyambut Ramadan 1440 H/ 2019 M  di Kota Pekanbaru dihadiri Wakil Gubernur (Wagub) Riau Edy Natar Nasution.

Kegiatan diawali dengan ziarah makam pendiri Pekanbaru, Marhum Pekan di komplek Masjid Raya sekira pukul 13.30 WIB. Kemudian prosesi Petang Megang menyambut Ramadhan dilakukan arak-arakan dengan pakaian Melayu ke Masjid Raya Senapelan setelah melakukan Salat Ashar berjemaah dan zikir di masjid yang sama.

Arak-arakan itu disertai dengan membawa jambar berisikan kue atau makanan khas Melayu, dan arak-arakan itu juga langsung menuju ke Sungai Siak di bawah Jembatan Lighton I (sekarang disebut Jembatan Siak I), lokasi acara Petang Megang (Balimau Kasai, red) dipusatkan.

Prosesi Petang Megang dengan memandikan sejumlah anak secara simbolis dengan air bercampur limau dan wangi-wangian oleh wakil gubernur diikuti pejabat lain. Wakil Gubernur Edy Natar dalam kesempatan itu mengatakan, tradisi Petang Megang ini merupakan tradisi turun menurun warga Pekanbaru dalam menyambut Ramadan.

"Mandi balimau atau Petang Megang adalah tradisi Melayu yang sudah turun-temurun. Tradisi ini masih terus melekat di tengah masyarakat," ujar Edy Natar. ***

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/09052019/potretnewscom_kfmhz_1561.jpg Gubernur Riau Syamsuar menyampaikan sambutan di acara Balimau Kasai di Kampar.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/09052019/potretnewscom_sjjqa_1562.jpgGubernur Riau Syamsuar foto bersama para juga usai menyerahkan hadiah pemenang lomba sampan hias saat menghadiri acara Balimau Kasai di tepian Sungai Kampar, Pulau Langgini, Kecamatan Bangkinang Kota, Kabupaten Kampar.

Ads
https://www.potretnews.com/assets/imgbank/09052019/potretnewscom_ueswb_1563.jpgKetua TP PKK Riau Ny Misnarni Syamsuar foto bersama saat menghadiri acara Balimau Kasai di Kabupaten Kampar.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/09052019/potretnewscom_jbtfh_1564.jpg Gubernur Syamsuar dan Wakil Gubernur Edy Natar Nasution menghadiri Safari Ramadan di Masjid Al Hidayah Kantor Gubernur.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/09052019/potretnewscom_xslwk_1565.jpg Gubernur Syamsuar menyampaikan sambutan saat menghadiri Safari Ramadan di Masjid Al Hidayah kantor gubernur.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/09052019/potretnewscom_e8l9w_1566.jpg Wakil Gubernur Edy Natar Nasution didampingi Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi dan Kadis Pariwisata Riau Fahmizal Usman berdoa saat ziarah makam di komplek Masjid Raya sebelum acara Petang Megang di bawah Jembatan Siak I Kota Pekanbaru.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/09052019/potretnewscom_hqgfk_1569.jpgWakil Gubernur Edy Natar Nasution dan Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi menziarahi makam Pendiri Kota Pekanbaru sebelum ke lokasi acara Petang Megang.
https://www.potretnews.com/assets/imgbank/09052019/potretnewscom_vwj5x_1570.jpg Wakil Gubernur Edy Natar Nasution didampingi Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi dan Kadis Pariwisata Riau Fahmizal Usman di makam Pendiri Kota Pekanbaru.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/09052019/potretnewscom_fw9wr_1567.jpg Wakil Gubernur Edy Natar Nasution didampingi Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi dan Kadis Pariwisata Riau Fahmizal Usman menuju lokasi acara Petang Megang.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/09052019/potretnewscom_24mhn_1568.jpgWakil Gubernur Edy Natar Nasution menyalami seorang anak sebelum secara simbolis dengan air bercampur limau dan wangi-wangian. ***

wwwwww