PotretNews.com Sabtu 24 Agustus 2019

Sejumlah Saksi Parpol Protes, KPU Siak Bongkar Seluruh Kotak Pleno Tingkat Kecamatan Bungaraya

Sejumlah Saksi Parpol Protes, KPU Siak Bongkar Seluruh Kotak Pleno Tingkat Kecamatan Bungaraya

KPU Siak bongkar kotak hasil Pleno tingkat Kecamatan Bungaraya/POTRETNEWS

Sabtu, 04 Mei 2019 14:27 WIB
Sahril Ramadana
SIAK,POTRETNEWS.com  - Rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara KPU Siak diwarnai protes dari sejumlah saksi partai politik (Parpol). Para saksi itu meminta seluruh kotak pleno tingkat Kecamatan Bungaraya dibongkar.

"Kita keberatan karena indikasi ada kecurangan. Apalagi panitia Pemungutan Suara Kecamatan (PPK) Bungaraya dalam proses penyelidikan dugaan penggelembungan suara caleg di daerah itu," kata saksi Partai Demokrat, Jhon Friandi kepada potretnews.com, Sabtu (4/5/2019).

Wakil Sekretaris DPC Partai Demokrat Siak ini menduga saat pleno di tingkat Kecamatan Bungaraya ada kekeliruan hasil rekap oleh PPK. Atas protes itu, kata Jhon, sejumlah saksi Parpol merekomendasikan KPU membongkar kotak dan menganti DA1 kecamatan.

"Intinya kami tidak percaya lagi dengan PPK Bungaraya. Maka itu kita minta KPU Siak mengganti DA1 tingkat Kecamatan Bungaraya dan di stempel langsung oleh KPU, bukan lagi stempel PPK," kata Jhon.

Ads
Sebab, lanjut Jhon, sejumlah Parpol di Siak tidak percaya lagi dengan hasil pleno di tingkat Kecamatan Bungaraya.

"Intinya hasil pleno kecamatan kita tolak. Dan diganti dengan hasil pleno tingkat kecamatan yang dilakukan langsung oleh KPU Siak. Jika ini berlanjut, bagaimana kita percaya hasil Pemilu ini sementara penyelengaraan saja tak bisa dipercaya," pungas Jhon.

Hingga berita ini diterbitkan, rekapitulasi pleno Kecamatan Bungaraya tengah dilaksankan di Gedung Tengku Mahratu yang juga lokasi rapat pleno kabupaten.***

Kategori : Politik, Siak, Riau
wwwwww