Home > Berita > Inhu

Jalan Penghubung Dua Desa di Kecamatan Sungailala Indragiri Hulu Ambrol akibat Abrasi

Jalan Penghubung Dua Desa di Kecamatan Sungailala Indragiri Hulu Ambrol akibat Abrasi

Jalan penghubung Desa Pasirbatumandi dan Pasirkelampaian, Kecamatan Seilala, Inhu runtuh akibat abrasi air.

Jum'at, 29 Maret 2019 20:25 WIB
RENGAT, POTRETNEWS.com - Banjir yang melanda wilayah Kecamatan Sungailala/Seilala beberapa waktu lalu berimbas pada akses jalan penghubung antardesa yang ambrol (runtuh) akibat abrasi air. Lokasi jalan yang rusak merupakan jalan penghubung antara Desa Pasirkelampaian dan Desa Pasirbatumandi, Kecamatan Seilala, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau.

Zakariya, Kepala Desa (Kades) Pasirpelampaian menjelaskan soal kerusakan jalan tersebut. "Ada 800 meter jalan tersebut runtuh, karena abrasi air," katanya.

Akibatnya jalan tersebut terlalu berbahaya untuk dilalui. Zakaria berkata pihaknya sudah membuatkan jalan pengganti.  "Penggantian jalan itu juga sudah kita sampaikan ke pemda," kata Zakariya.

Untuk mengganti jalan tersebut, pihak desa mengupayakan berkomunikasi dengan warga yang bersedia menghibahkan tanahnya. Meski ada jalan pengganti, namun mobil angkutan perusahaan tetap saja melalui jalan yang lama.

Akibatnya kondisi jalan tersebut kini semakin parah. "Sudah kami ajukan permohonan kepada perusahaan agar memberikan bahan untuk perbaikan jalan itu, karena kalau menunggu Pemda anggarannyakan tahunan," kata Zakariya.

Zakariya berkata ada tiga perusahaan yang menggunakan jalan tersebut, yakni PTPN V, PT SWP, dan juga PT Pertamina Hulu Energi. "Jalan itu sudah tak layak lagi dilalui, sebaiknya angkutan perusahaan itu melintas dari jalan yang baru," katanya lagi.

Sementara itu, Rosikin, warga Desa Pasir Bongkal sekaligus perwakilan Aliansi Masyarakat Pesisir meminta agar Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Inhu mengundang perusahaan yang menggunakan jalan tersebut dalam rapat dengar pendapat.

"Kami berharap agar DPRD Inhu bisa melakukan hearing dengan menghadirkan perusahaan yang melewati jalan tersebut," katanya. Dirinya berharap dalam hearing tersebut DPRD Inhu juga mengundang elemen masyarakat. ***

Artikel ini telah tayang di tribunnews.com dengan judul "Jalan Penghubung Dua Desa di Sungai Lala Inhu Riau Ambruk, Kades Minta Perusahaan Perduli"

Editor:
Akham Sophian
Kategori : Inhu, Umum
wwwwww