Home > Berita > Umum

Suhu di Riau 35 Derajat Celcius, Warga Diminta Waspada Cuaca Panas

Suhu di Riau 35 Derajat Celcius, Warga Diminta Waspada Cuaca Panas

Gambar hanya ilustrasi/INTERNET.

Rabu, 27 Maret 2019 11:35 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Berdasarkan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru hari ini Rabu (27/3/2019) cuaca untuk sebagian besar wilayah Riau cerah berawan. Namun perlu diwaspadai karena suhu udara panas mencapai 35 Derajat Celcius masih landa Riau.

Pada pagi harinya cuaca cerah berawan, potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang bersifat lokal terjadi di sebagian wilayah Kab. Indragiri Hilir, Kab. Indragiri Hulu, Kab. Kampar, Kab. Kuantan Singingi, Kota Pekanbaru, Kab. Pelalawan, Kab. Siak, dan Kab. Rokan Hulu.

Pada siang harinya cuaca cerah berawan, potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang bersifat lokal terjadi di sebagian wilayah Kab. Indragiri Hilir, Kab. Indragiri Hulu, Kab. Kampar, Kab. Kuantan Singingi, Kab. Pelalawan, Kab. Rokan hulu,dan Kab. Siak.

Kemudian pada sore hingga malam harinya cuaca cerah berawan dengan potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang bersifat lokal terjadi di sebagian wilayah Kab. Siak, Kab. Rokan Hulu, Kab. Rokan Hilir, Kota Pekanbaru, Kab. Kuantan Singingi, Kab. Kampar, dan Kab. Indragiri Hilir.

Selanjutnya pada dini harinya cuaca cerah berawan dengan potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang bersifat lokal terjadi di sebagian wilayah Kab. Kuantan Singingi. Titik panas sendiri di Riau pagi ini terpantau 6 titik yakni terpantau di Meranti 5 titik dan Bengkalis 1 titik.

Sebagaimana diketahui sebelumnya Sejumlah wilayah di Indonesia, termasuk Provinsi Riau, tengah dilanda fenomena Equinox. Kondisi ini membuat suhu di Pekanbaru serta beberapa kabupaten lainnya meningkat hingga sampai 36 derajat celsius. Akibatnya, kulit lengan yang terpapar panas matahari terasa membakar.

Equinox adalah salah satu fenomena astronomi dimana matahari melintasi garis khatulistiwa dan secara periodik berlangsung dua kali dalam setahun, yaitu pada tanggal 21 Maret dan 23 September.

Suhu seperti ini diprakirakan berlangsung hingga 28 Maret 2019. Beberapa warga mulai khawatir jika fenomena matahari berada tepat di garis khatulistiwa ini bisa membuat suhu ekstrim atau mencapai 40 derajat celsius.

Sebelum tanggal 21 Maret lalu, beberapa daerah di Provinsi Riau sudah ada yang mengalami fenomena equinox. Terutama daerah-daerah tepat berada digaris nol derajat. Misalnya, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir, tau Riau di bagian Selatan. Daerah-daerah ini sudah dilintasi oleh matahari dengan jarak terdekat.

Menanggapi fenomena Equinox itu, Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru, Marzuki menegaskan kekhawatiran masyarakat suhu mencapai 40 derajat celsius di Riau tidak akan terjadi.

"Kalau suhu 40 derajat di Indonesia tidak pernah mencapai titik tersebut, paling kalau di Riau itu paling tinggi 36 Derajat," ujar Marzuki.

Marzuki juga menjelaskan fenomena Equinox ini bukan hal yang baru, karena setiap tahunnya selalu terjadi, dimana posisi matahari pada garis khatulistiwa, hal ini terjadi setiap tahun pada bulan Maret dan September.

"Jadi setiap tahun itu terjadi Maret biasanya dari 21 Maret hingga 31 Maret selalu terjadi," ujar Marzuki. ***

Artikel ini telah tayang di tribunnews.com dengan judul "BREAKING NEWS: Waspadai Cuaca Riau Masih Panas Capai 35 Derajat, Hari Ini Kondisi Cerah Berawan"

Editor:
Akham Sophian
Kategori : Umum, Riau
wwwwww