Home > Berita > Riau

Banyak Pejabat Pemprov Riau Kuasai Mobil Dinas, padahal Bukan Haknya

Banyak Pejabat Pemprov Riau Kuasai Mobil Dinas, padahal Bukan Haknya

Ilustrasi.

Jum'at, 22 Maret 2019 10:53 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com -Gubernur Riau, Syamsuar, yang baru sebulan menjabat mencium aroma busuk para pejabatnya yang banyak menguasai mobil dinas. Syamsuar meminta para pejabat untuk mengembalikan mobil dinas yang bukan haknya. "Saya sudah inventarisasi soal aset daerah soal mobil dinas para pejabat di Pemprov Riau. Ini kita lakukan sesuai apa yang disampaikan KPK ke saya untuk meninjau semua aset daerah, termasuk mobil dinas. Banyak aset daerah dikuasai pejabat yang semestinya bukan menjadi haknya," kata Gubernur Riau, Syamsuar dalam perbincangan dengan detikcom, Jumat (22/3/2019).

Syamsuar menyebut ada pejabat setingkat kepala dinas yang memiliki mobil dinas lebih dari satu. Ada juga pejabat lainnya di bawah kepala dinas yang semestinya belum mendapatkan mobil dinas namun bisa menguasai mobil dinas.

"Jadi misalkan, sebelumnya pejabat tersebut bertugas di instansi tertentu. Lantas pindah menjadi kadis di tempat lain. Tetapi mobil dinas sebelumnya tetap dia kuasai dan memakai mobil dinas lagi di tempat yang baru," kata Syamsuar.

Tak hanya itu saja, menurut mantan Bupati Siak ini, mantan pejabat pun banyak menguasai aset mobil dinas. Kata Syamsuar, penguasaan aset daerah yang banyak disalahgunakan ini menyalahi aturan yang ada.

"Saya minta mereka menyerahkan secara sukarela. Mana yang bukan haknya kita harapkan dikembalikan, agar kita bisa menata kembali sebagai mana aturan yang ada," kata Syamsuar.

Syamsuar tidak memberikan batas waktu mengenai pengembalian mobil dinas tersebut. Dia akan membentuk tim khusus untuk menarik mobil dinas yang disalahgunakan oleh sejumlah pejabat.

"Saya menjalankan ini karena soal aset daerah ini menjadi sorotan KPK. Kalau mereka tidak mengembalikan secara sukarela, saya akan bentuk tim untuk menariknya. Sebab, penguasaan aset tersebut menyalahi prosedur yang ada. Saya harapkan pejabat yang menguasai mobil dinas yang bukan menjadi haknya lagi, diharapkan kesadarannya untuk mengembalikan," kata Syamsuar.

Sebelumnya Gubernur Riau ini merasa kaget saat menjabat disodori 5 mobil dinas. Mobil dinas tersebut Land Cruiser, Fortuner, Kijang Innova, Alphard dan sedan Royal Saloon.

Akhirnya Syamsuar hanya memakai 3 mobil dinas sesuai yang dipantokan DPRD Riau. Seluruh mobil dinas yang dipakainya merupakan mobil lawas Gubernur Riau sebelumnya. Tiga mobil dinas yang dipakainya sesuai yang diberikan adalah, Alphard, Royal Saloon dan Kijang Innova. Sedangkan dua mobol dinas lainnya Land Cruiser dan Fortuner dikembalikan ke pool. Syamsur juga menolak saat disodorkan untuk membeli mobil baru.

"Saya cukup pakai mobil yang lama saja. Semua mobil dinas yang saya pakai bekas gubernur sebelumnya dan mobil itu masih layak semuanya," demikian Syamsuar. ***

Artikel ini telah tayang di detikcom dengan judul "Gubernur Riau Ungkap Banyak Pejabat Kuasai Mobil Dinas yang Bukan Haknya"

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Riau, Pemerintahan
wwwwww