Home > Berita > Inhu

Bikin Khawatir, Kebakaran Lahan di Indragiri Hulu Mendekati Habitat Harimau Sumatera

Bikin Khawatir, Kebakaran Lahan di Indragiri Hulu Mendekati Habitat Harimau Sumatera
Kamis, 21 Maret 2019 17:55 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Kebakaran lahan di Desa Sungai Guntung Tengah, Kecamatan Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau, mendekati ”rumah” atau habitat harimau sumatera, yakni kawasan hutan Suaka Margasatwa (SM) Karumutan. ”Lokasi kebakaran dari SM Karumutan lebih kurang lebih dua kilometer. Dan yang terbakar sekarang ini lahan sawit masyarakat yang mulai terbakar sejak lima hari lalu," sebut Kepala Resort Pekan Heran SM Karumutan Selatan Bidang Wilayah I Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Zulkifli, Selasa (19/3/2019).

SM Karumutan merupakan salah satu habitat harimau sumatera. Untuk itu, pihak BBKSDA Riau turun ke lokasi untuk membantu petugas gabungan melakukan pemadaman.

”Kita dari KSDA, karena ini berbatasan dengan kawasan SM Karumutan, dan kewajiban kita sebagai pemangku kawasan untuk membantu tim Manggala Agni, TNI, Polri dan KPBD melakukan pemadaman," ujar Zulkifli.

Dia mengatakan, personel dari Resort Pekan Heran berjumlah lima orang. Sejauh ini upaya pemadaman terus dilakukan, kemudian dilanjutkan penyisiran.

”Kita menyisir titik api yang mendekati kawasan hutan SM Karumutan. Dan hari ini kita berupaya memadamkan api yang mengarah ke kawasan hutan,” kata Zulkifli.

Dia memastikan titik api belum memasuki kawasan hutan SM Karumutan. Dan untuk mencegah meluasnya kebakaran, pihaknya bersama tim gabungan melakukan penyekatan.

”Kita berupaya menyekat kepala api. Sebagian api sudah berhasil kita padamkan," kata penjaga hutan lindung ini. Zulkifli menambahkan, kebakaran lahan berawal dari Desa Sungai Guntung Hilir, kemudian mengarah ke kawasan hutan SM Karumutan.

”Api mengarah ke SM Karumutan, karena pengaruh angin. Kadang angin mengarah ke selatan, kadang ke utara. Api ini mengikuti arah angin. Jadi kita tidak bisa melakukan pemadaman apabila melawan angin," demikian Zulkifli.

Untuk diketahui, kebakaran lahan di Desa Sungai Guntung Hilir dan Desa Sungai Guntung Tengah berlangsung selama lima hari. Titik api hingga saat ini belum bisa dikuasai petugas gabungan. Luas lahan yang terbakar mencapai 50 hektar. Lokasi kebakaran terdapat lahan masyarakat yang sudah ditanami sawit, dan sebagian semak belukar dengan gambut yang dalam. ***

Artikel ini telah tayang di kompas.com dengan judul "Kebakaran Lahan di Indragiri Hulu Riau Mendekati Habitat Harimau Sumatera"

Editor:
Akham Sophian
Kategori : Inhu, Lingkungan
wwwwww