Home > Berita > Riau

Panglima TNI Kuliah Umum di Universitas Muhammadiyah Riau, Ini Pesannya kepada Mahahasiswa

Kamis, 14 Maret 2019 09:36 WIB
Muhamad Maulana
panglima-tni-kuliah-umum-di-universitas-muhammadiyah-riau-ini-pesannya-kepada-mahahasiswaPanglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memberikan kuliah umum di Kampus Universitas Muhammadiyah Riau (Umri), Pekanbaru, Rabu (13/3/2019). (ISTIMEWA)
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memberikan kuliah umum di hadapan sedikitnya 500 mahasiswa dan civitas akademi Universitas Muhammadiyah Riau (Umri), Jalan Tuanku Tambusai, Pekanbaru, Rabu (13/3/2019). Materi yang disampaikan bertema ”Peran Pemuda dan Mahasiswa dalam Merawat Persatuan dan Kesatuan Bangsa di Era Revolusi Industri 4.0”.

Dalam kuliah umumnya, Panglima TNI menyampaikan bahwa revolusi industri 4.0. adalah sebuah era yang diwarnai dengan berbagai kemajuan teknologi dengan kecepatan yang mengagumkan.

”Bahkan kemajuan teknologi tersebut diwarnai dengan berbagai disrupsi-disrupsi yang di satu sisi membawa manfaat, namun di sisi lain menimbulkan paradox,” ucapnya.

Menurut Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, kemajuan teknologi informasi dan komunikasi membawa kemudahan bagi masyarakat dalam berkomunikasi serta bersosialisasi.

Perkembangan teknologi yang sangat pesat terjadi di bidang lain, seperti teknologi siber, transportasi, biomolekular, fisika kuantum, eksplorasi angkasa, eksplorasi bawah laut, dan tentu saja teknologi militer.

”Perkembangan teknologi yang sedemikian pesat membawa pengaruh yang luar biasa pada tata kehidupan bermasyarakat dan bernegara,” katanya.

Panglima TNI memaparkan, dalam menghadapi tantangan di era revolusi industri 4.0 ini, dibutuhkan peran pemuda dan mahasiswa yang memiliki intelektualitas tinggi, konektivitas luas, dan sekaligus mentalitas kebangsaan yang tangguh.

”Saya berkeyakinan universitas-universitas itu center of excellence tempat orang-orang pintar, tempatnya orang-orang dididik menjadi orang-orang yang tangguh dalam menghadapi segala cobaan dan siap untuk membangun negeri ini”, katanya.

Turut hadir dalam kegiatan itu di antaranya, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Wakil Gubernur Riau Edy Nasution, Rektor Universitas Muhammadiyah Riau Dr Mubarak, Kapolda Riau Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo, dan Kepala Pusat Pembinaan Mental (Kapusbintal) TNI Laksma TNI Budi Siswanto.

Kemudian, Wakil Asisten Operasi (Waasops) Panglima TNI Marsma TNI M Khairil Lubis, Wakil Asisten Teritorial (Waaster) Panglima TNI Brigjen TNI (Mar) Purnomo dan Wakil Asisten Perencana (Waasrena) Kasau, Marsma TNI Purwoko Aji Prabowo. ***
Kategori : Riau, Umum
wwwwww