Diguyur Hujan Deras, 300 Rumah di Gunungtoar Kuantan Singingi Terendam Banjir

Diguyur Hujan Deras, 300 Rumah di Gunungtoar Kuantan Singingi Terendam Banjir

Banjir bandang menerjang Desa Petapahan Kecamatan Gunungtoar, Rabu (27/2/2019) pagi/TRIBUNNEWS.

Jum'at, 01 Maret 2019 09:21 WIB
KUANTAN SINGINGI, POTRETNEWS.com – Sekira 300 rumah di Kecamatan Gunungtoar, Kabupaten Kuantan Singingi, Riau terendam banjir setinggi tiga hingga lima meter, Kamis (28/2/2019). Banjir ini diakibatkan hujan deras di daerah tersebut. Hujan yang deras membuat air sungai Kuantan meluap dan mengakibatkan rusaknya sejumlah jembatan. Bahkan ada beberapa jembatan kecil yang roboh akibat derasnya air.

"Bencana alam itu mulai kami alami sejak Rabu kemarin. Hingga hari ini genangan air masih tinggi," ujar Eril, warga setempat.

Sejumlah tim gabungan dari TNI Polri dan relawan berada di lokasi terdampak banjir untuk membantu masyarakat. Bahkan relawan dari ACT Riau akan segera membuka dapur umum untuk menunjang kebutuhan pangan masyarakat di sekitar Gunungtoar.

Banjir juga mengakibatkan lima rumah di antaranya hanyut dibawa derasnya arus. Tidak ada korban jiwa dalam musibah musiman ini. Padahal, di daerah lain wilayah Riau tidak terjadi hujan. Justru yang muncul bencana kebakaran hutan dan lahan seperti di Bengkalis dan Rokan Hilir.

Komandan Kodim 0302/Inhu, Letkol Arh Hendra Roza mengatakan, banjir bandang sempat menghantam pemukiman warga, pada Rabu pagi.

"Rabu pagi sekira pukul 06.00 WIB, ada warga yang mengevakuasi barang barangnya karena air yang tinggi datang secara mendadak. Ada sekitar 300 rumah terendam, 5 rumah hilang dibawa arus," kata Hendra.

Kodim Inhu, saat ini sedang melaksanakan TMMD ke 104 di Desa Teberau Panjang Kecamatan Gunung Toar, berdekatan dengan lokasi banjir. Selain kegiatan TMMD terus berjalan, prajurit TNI ikut membantu evakuasi warga.

"Korban jiwa tidak ada, prajurit TNI kami siaga di lokasi untuk membantu mengevakuasi barang barang dan hewan ternak milik warga," demikian Hendra. ***

Artikel ini telah tayang di merdeka.com dengan judul "300 Rumah di Kuantan Singingi Terendam Banjir"

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Kuansing, Peristiwa
wwwwww