Home > Berita > Riau

Panen Raya di Sungaiapit Siak, Satu Hektar Hasilkan 6 Ton Padi

Panen Raya di Sungaiapit Siak, Satu Hektar Hasilkan 6 Ton Padi

Padi di pesawahan Kampung Seliau, Kecamatan Sungaiapit, Kabupaten Siak, Riau.

Jum'at, 08 Februari 2019 20:35 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com  - Kelompok tani Sabak Jaya Kampung Seliau, Kecamatan Sungaiapit, Kabupaten Siak, Riau, menggelar panen raya, Jumat (8/2/2019). Petani di lokasi tersebut sukses menerapkan varietas padi organik. Sebab, per-hektar-nya, dapat menghasilkan 5-6 ton gabah padi. Berbeda dengan kelompok tani di Kecamatan Bungaraya dan Sabak Auh, yang memakai pupuk kimia.

Ketua kelompok tani Sabak Jaya Kahar mengatakan sudah lama menanti panen raya ini. Sebab, sebelumnya panen padi di lokasi tersebut sempat terkendala musim.

"Alhamdullilah, lahan yang di panen awal tahun 2019 ini seluas 67 hektar, sekarang juga sudah masuk musim tanam yang ke dua," kata Kahar.

Kahar juga berharap pemerintah daerah dapat memperbaiki infrastruktur seperti jalan dan jalur tali air di lokasi pesawahan tersebut. Agar hasil panen berikutnya dapat lebih meningkat.

Sementara itu Camat Sungaiapit Wahyudi mengatakan, panen raya ini merupakan buah dari kesabaran kelompok tani di Kampung Seliau.

"Ini juga tidak terlepas dari perhatian pemerintah daerah. Saya berharap, hasil panen berikutnya dapat lebih memuaskan lagi," ujar Wahyudi.

Bupati Siak Syamsuar yang hadir pada acara panen raya tersebut juga memuji ketekunan para petani. Ia juga berjanji akan membantu kelompok tani di sana.

"Kalau kelompok tani serius menanam padi, akan kami bantu. Tapi ada syaratnya, tidak ada alih fungsi lahan dari tanam padi jadi sawit," kata Syamsuar.

Menurut Syamsuar, adanya dukungan program swasembada pangan yang dicanangkan pemerintah, sangat menguntungkan masyarakat dan petani yang ingin menanam padi, seperti di Kecamatan Bungaraya.

Keberhasilan petani Bungaraya lanjut Syamsuar, harus menjadi motivasi bagi para petani di Sungaiapit, sehingga nantinya semua petani yang ada di Kabupaten Siak hebat-hebat.

  "Pemkab dan masyarakat memang harus saling mendukung kemajuan pertanian di Kabupaten Siak. Tak dipungkiri, tanaman padi di Siak memang terus meningkat kualitas produksinya. Bahkan, lahan pertanian padi di Kecamatan Bungaraya sudah menjadi yang terbaik di Provinsi Riau. Sudah banyak yang belajar kesana," ujar Syamsuar. ***

Kategori : Riau, Siak, Umum
wwwwww