Kera yang Menyerang Bocah 2 Tahun di Kampar Ternyata Peliharaan Orang Tuanya

Kera yang Menyerang Bocah 2 Tahun di Kampar Ternyata Peliharaan Orang Tuanya

Kera ungko yang menyerang warga (foto: dok. BKSDA)

Jum'at, 08 Februari 2019 18:41 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Seorang balita bernama Karina (2), terluka setelah diserang kera jenis Owa Ungko di Dusun Batas, Desa Bandur Picak, Kecamatan Koto Kampar Hulu, Kabupaten Kampar, Riau, Rabu (6/2/2019). Serangan itu mengakibatkan korban mengalami beberapa luka robek di lengan sebelah kiri. "Ya benar, korban berusia dua tahun yang digigit Ungko di Desa Bandur Picak, Kecamatan Koto Kampar Hulu, Kabupaten Kampar," ujar Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau Suharyono, Jumat (8/2/2019).

Suharyono mengatakan, Karina digigit saat bermain dengan kera yang merupakan hewan peliharaan orangtuanya. Kera tersebut tiba-tiba menyerang dan mengigit lengan kiri korban hingga terluka cukup parah. Karina dilarikan ke Puskesmas Koto Kampar Hulu untuk mendapat perawatan.

Suharyono mengatakan, setelah kejadian itu, petugas BBKSDA Riau melakukan evakuasi terhadap kera jantan berusia sembilan tahun itu. Saat ini kera tersebut menjalani observasi di kandang transit BBKSDA Riau sebelum dilepasliarkan ke habitatnya.

Suharyono mengimbau agar masyarakat tidak lagi menjadikan kera Uwo Ungko sebagai hewan peliharaan, Kera tersebut merupakan jenis satwa yang dilindungi. "Kita mengimbau bagi masyarakat yang memelihara hewan dilindungi agar diserahkan ke kita (BBKSDA Riau)," ujar Suharyono. ***

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Seorang Bocah di Riau Diserang Kera Peliharaan Orangtuanya"

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Peristiwa, Kampar
wwwwww