Home > Berita > Riau

Sebelum Tinggalkan Siak, Syamsuar Tunaikan Janji Seluruh Kampung Berlistrik

Sebelum Tinggalkan Siak, Syamsuar Tunaikan Janji Seluruh Kampung Berlistrik

Meresmikan 100 persen desa berlistrik di Siak

Kamis, 31 Januari 2019 22:14 WIB
Sahril Ramadana
SIAK,POTRETNEWS.com  - Sebelum dilantik menjadi Gubernur Riau, Bupati Siak Syamsuar menunaikan janjinya seluruh kampung di Kabupaten Siak teraliri listrik. Pemasangan jaringan itu, juga bagian dari cara pemerintah untuk terus mengejar pembangunan di daerah perkampungan yang ada di Siak, salah satunya meningkatkan rasio elektrifikasi.

Bupati Siak yang juga Gubenur Riau terpilih, Syamsuar mengatakan, bahkan hingga Desember 2018 lalu, Rasio Elektrifikasi (RE) di Kabupaten Siak sudah mencapai 98,98 persen.

"Data itu sebelum saya resmikan pemakaian listrik di daerah Kecamatan Sungai Mandau ini. Setelah saya resmikan pemakaian listrik di empat kampung di sini, Rasio Elektrifikasi di Siak sudah 100 persen. Artinya, 131 kampung di Siak sudah semuanya teraliri listrik PLN,” kata Syamsuar saat resmikan pemakaian listrik di Kecamatan Sungai Mandau, Siak, Kamis (31/1/2019).

Syamsuar mengatakan, pelayanan infrastruktur dasar merupakan program utamanya bersama Wakil Bupati Siak Alfedri pada periode sebelumnya. Infrastruktur dasar ini, kata Syamsuar, seperti pembangunan jalan, sarana air bersih, kesehatan, pendidikan dan pemerataan listrik di setiap kampung.

“Semuanya terlaksana dengan baik,  tidak terlepas dari berkat kerja keras dan kerjasama dengan pihak PLN dan Pemprov Riau, kerja cepat PLN ini perlu kita apresiasi,” kata Syamsuar.

Syamsuar menambahkan, untuk memenuhi kebutuhan listrik bagi masyarakat, Pemkab Siak juga telah membangun jaringan listrik Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 315,48 Kms dan Pembangunan Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 506,59 Kms, Trafo 88 unit, pengadaan genset, bantuan PLTS dan SHS sebanyak 1.565 unit, serta memasang ratusan PJUTS dibeberapa kampung dan kelurahan yang bersumber dari dana APBN.

Selain dari dana APBD/APBN, lanjut Syamsuar, Pemda Siak juga berkerjasama dengan PT BSP. Melalui program Corporate Sosial Responsibility (CSR) perusahaan milik daerah tersebut, masyarakat miskin diberi bantuan perangkat Listrik Mandiri Rakyat.

"Selain perusahaan, Badan Amil Zakat Kabupaten Siak juga meluncurkan Program Siak Peduli, yaitu program berkelanjutan pemasangan listrik gratis untuk  kaum dhu’afa di Kabupaten Siak," kata Syamsuar.

Sementara itu, General Manajer PLN Riau dan Kepulauan Riau M Irwansyah Putra mengatakan, dengan pengoperasian infrastruktur listrik di kampung tersebut dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan taraf hidup masyarakat. Ia juga mengajak agar seluruh masyarakat di daerah tersebut dapat memanfaatkan energi listrik secara optimal sehingga bisa meringankan pekerjaan rumah tangga.

“Kerjasama dengan Pemkab Siak, PLN telah menyelesaikan pembangunan 35,7 Kms jaringan tegangan menengah, 19,3 Kms jaringan tegangan rendah dan 722 Kva travo distribusi dengan nilai investasi sebesar Rp 19,3 Milyar,” tutur Irwansyah.

PLN juga menargetkan tahun 2020 seluruh desa di Riau akan mendapatkan pelayanan listrik.  Dengan peningkatan jaringan listrik sampai ke desa, artinya perekonomian menjadi semakin baik.

“Pada hari ini dapat diselesaikan 4 desa terakhir yang ada di Kabupaten Siak, artinya sudah 100 persen listrik teraliri di Kabupaten Siak,” pungkas Irwansyah.***

Kategori : Riau, Siak, Umum, Lingkungan
wwwwww