Home > Berita > Riau

Tour de Sawah Event Wisata Perdana Tahun 2019 di Siak

<i>Tour de Sawah</i> Event Wisata Perdana Tahun 2019 di Siak

Foto Alfedri saat mengikuti Tour de Sawah di Bungaraya.

Minggu, 27 Januari 2019 00:59 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com  - Ratusan masyarakat dan pelajar ikut berpartisipasi bersepeda santai dalam perhelatan event Tour de Sawah 2019 yang ditaja Pemerintah Kecamatan Bungaraya, Sabtu (26/1/2019). Gunakan sepeda ontel, Wakil Bupati Siak Alfedri bersama Camat Bungaraya Hendi Derhavin dan komunitas sepeda antik lainnya penuh semangat mengayuh pedal sepeda mulai dari kantor camat menuju ke Taman Harmoni Raya, di Kecamatan Bungaraya.

"Tour de Sawah merupakan event wisata pertama di tahun 2019, ini bagian dari promosi kalender event Pariwisata di Kabupaten Siak," kata Alfedri.

Tentunya, dengan adanya event tahunan ini dapat menggerakan ekonomi masyarakat. Sebab, kata Alfedri, semakin banyak kunjungan wisata semakin banyak pula transaksi jual beli di daerah ini.

"Hendaknya kegiatan ini bisa ditiru oleh kecamatan lain di Kabupaten Siak, sehingga semakin banyak tujuan wisata ke negeri istana ini," harapnya.

Alfedri menyampaikan, beberapa waktu lalu Kabupaten Siak juga masuk salah satu daerah di Indonesia diminta untuk mempromosikan wisata daerah pada event Indonesia Expo di Jedah.

"Selain Payakumbuh, Padang, dan Bantul, kita juga diminta. Saya juga dapat laporan, liburan tahun baru kemarin, jumlah pengunjung ke agrowisata Bungaraya ini mencapai 8500 pengunjung, ini artinya memberi dampak peningkatan ekonomi bagi masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Manager Konservasi Yayasan Belantara Purwodidi Astanto menyampaikan, Yayasan Belantara adalah institusi penyalur dana hibah untuk program-program konservasi pendidikan dan lingkungan serta konservasi alam.

Yayasan Belantara telah melakukan upaya konservasi mangrove, seperti di Sungai Rawa, Rawa Mekar Jaya, Bunsur, Lalang dan lainnya. Selain itu, yayasan ini bersama dengan lembaga Teras Riau juga memberikan dukungan digelarnya event Tour de Sawah ini. Purwodidi juga berharap agar pariwisata ini dapat berkelanjutan hingga dikenal keluar daerah.

"Mudah-mudahan, dengan adanya event dan tempat wisata di sini, kesejahteraan masyarakat semakin meningkat. Kendati ada tempat wisata disini, saya berharap masyarakat dapat selalu menjaga kelestarian lingkungan di daerah ini," pungkas Purwodidi. ***

Kategori : Riau, Siak, Umum, Lingkungan
wwwwww