Home > Berita > Riau

Event Tour de Sawah, Pemikat Wisatawan Berkunjung ke Siak

Event <i>Tour de Sawah</i>, Pemikat Wisatawan Berkunjung ke Siak

Foto Alfedri saat mengikuti Tour de Sawah di Bungaraya.

Minggu, 27 Januari 2019 00:30 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com  - Tour de Sawah kembali digelar di Kecamatan Bungaraya, Kabupaten Siak, Riau, Sabtu (26/1/2019). Mengambil start di halaman kantor camat Bungaraya dan finish di lokasi agrowisata taman harmoni raya, event ini disambut meriah masyarakat setempat. Menurut Camat Bungaraya, Hendi Derhavin, event ini telah masuk dalam kalender Pariwisata Siak. Tahun 2019 ini Tour de Sawah merupakan yang kedua kalinya digelar.

Untuk memeriahkan event ini, pemerintah kecamatan setempat juga bekerjasama dengan Teras Riau dan Yayasan Belantara yang juga membuat Grand Design Agrowisata setiap desa yang ada di Kecamatan Bungaraya.

Davin berharap, dukungan dari Pemkab Siak maupun Provinsi Riau untuk mengembangkan objek wisata di Kecamatan Bungaraya ini dengan tidak mengurangi luas lahan pertanian yang ada.

"Sawah jangan dihilangkan dalam mewujudkan objek wisata, karena hamparan sawah inilah yang kita jual kepada wisatawan," jelas Davin sapaan akrab Camat Bungaraya tersebut.

Tour de Sawah tahun 2019 ini, kata Davin, juga memfokuskan pengembangan kuliner khas daerah setempat. Tidak hanya pengembangan objek wisata, pemerintah kecamatan setempat juga mengembangkan UMKM yang ada di daerah tersebut.

"Kita juga berharap agar agrowisata Bungaraya masuk dalam kawasan Pariwisata Mabupaten Siak. Ini bertujuan  supaya tidak terjadi tumpang tindih dalam pengaturan objek wisata yang ada di Kecamatan Bungaraya," kata Davin.

Wakil Bupati Siak Alfedri juga membenarkan, Tour de Sawah di Bungaraya ini masuk kalender event parisawata Kabupaten Siak. "Kita punya kalender event wisata, tahun ini ada 29 event, satu diantaranya Tour de Sawah," kata Alfedri.

Adanya Tour de Sawah ini, kata Alfedri juga bagian dari pengayaan wisata di Siak. Ia berharap, kedepannya di Bungaraya diciptakan lagi event-event wisata yang dapat mengundang para wisatawan berkunjung ke Siak.

"Disinikan sudah ada main bola kaki di sawah, bola voli di sawah dan balapan hand traktor, mudah-mudahan diciptakan lagi event yang lain kedepannya," ujar Alfedri.

Pada kesempatan itu, Wabup Alfedri juga menyerahkan buku grand design pariwisata yang telah disusun oleh Yayasan Belantara kepada Camat Bungaraya. Dengan adanya buku itu, nantinya ada penambahan destinasi dan objek wisata yang berbasiskan agro, seperti kuliner dan suvenir. ***

Kategori : Riau, Siak, Umum, Lingkungan
wwwwww