Home > Berita > Inhil

Kapal Tugboat Tujuan Pulau Burung Indragiri Hilir Tenggelam di Perairan Kepri

Kapal Tugboat Tujuan Pulau Burung Indragiri Hilir Tenggelam di Perairan Kepri

Ilustrasi.

Sabtu, 19 Januari 2019 13:57 WIB
BATAM, POTRETNEWS.com - Kapal tugboat (TB) Charly yang sedang menarik tongkang Anugerah Indah tenggelam di sekitar perairan Pulau Ngenang atau tepatnya di antara Pulau Batam dan Pulau Bintan, Kepulauan Riau, Jumat (8/1/2019).  Meski tidak ada satu pun barang di Kapal TB Charly yang bisa diselamatkan, namun lima kru kapal berhasil diselamatkan dan dievakuasi ke pelabuhan yang ada di Tanjunguban, Kabupaten Bintan.

Kepala Kantor Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) Tanjungpinang Budi Cahyadi mengatakan, kelima kru TB Charly berhasil dievakuasi oleh TB Berkat 3.

”TB Charly tenggelam di sekitar perairan Pulau Ngenang, tepatnya di koordinat 01-00,753 N/ 104-11.857 E," kata Budi, Jumat malam. Menurut Budi, berdasarkan hasil evakuasi TB Charly tenggelam akibat adanya kebocoran di buritan kapal tersebut. Selain itu, kondisi cuaca yang tidak bersahabat hingga mengakibatkan ombak besar menjadi penyebab tenggelamnya kapal tersebut.

"Mardiman, nakhoda kapal, mengatakan, saat itu cuaca sedang tidak bersahabat, timbah ada kebocoran, hal ini membuat kapal langsung tenggelam," ungkap Budi.

TB Charly baru berangkat dari Tanjunguban dengan tujuan Guntung (Pulau Burung) dan menarik tongkang dengan muatan biosolar sekitar 250 ton milik PT RSUP Pulau Burung.

”TB Charly berangkat sekitar pukul 16.40 WIB dari Tanjunguban tujuan Guntung (Pulau Burung, Indragiri Hilir, Riau). Namun sekitar pukul 17.55 WIB mengalami kecelakaan," tuturnya.

Budi mengaku kondisi tongkang berikut muatannya sudah ditarik ke Tanjunguban. "Kondisi tongkang dan muatannya dalam kondisi aman dan sudah ditarik ke Pelabuhan Tanjunguban," pungkasnya. ***

Artikel ini telah tayang di kompas.com dengan judul Kapal Tugboat Tenggelam di Perairan Kepri, 5 ABK Selamat

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Inhil, Peristiwa
wwwwww